Scroll to Top

Ubuntu Smartphone Hadir untuk Pengembang 21 Februari 2013

By Ditya / Published on Saturday, 16 Feb 2013

Ubuntu OS Smartphone

Canonical dikabarkan akan menghadirkan smartphone Ubuntu untuk kalangan pengembang aplikasi pada 21 Februari 2013 mendatang. Berdasarkan pengumuman dari Canonical, smartphone Ubuntu ini hadir dengan dukungan dari smartphone Galaxy Nexus dan Nexus 4.

Canonical, perusahaan dibalik pengembangan sistem operasi Ubuntu juga menambahkan bahwa smartphone Ubuntu yang akan hadir pada 21 Februari mendatang ini ditujukan untuk para pengembang da tidak cocok untuk digunakan oleh pengguna biasa.

Tak hannya itu, Canonical juga dikabarkan akan segera menghadirkan perangkat lunak dan tool yang diperlukan untuk melakukan eksplorasi dan flashing smartphone Ubuntu agar pengembang dapat terus mengikuti tahap pengembangan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone ini.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa smartphone Ubuntu untuk konsumen akan hadir bulan Oktober 2013 mendatang. Meski demikian, banyak yang tak yakin bahwa sistem operasi Ubuntu untuk smartphone telah siap pada bulan tersebut. Beberapa pihak malah memperkirakan bahwa smartphone Ubuntu baru hadir pada 2014 mendatang.

Mengantisipasi rilis smartphone Ubuntu, Canonical juga telah merilis Ubuntu Preview software Developer kit (SDK) lengkap dengan panduan untuk membuat aplikasi yang memungkinkan pengembang dapat membuat aplikasi seluruh platform Ubuntu, baik Ubuntu desktop maupun smartphone Ubuntu.

SDK Toolkit tersebut menyediakan berbagai template yang didokumentasikan untuk memungkinkan aplikasi asli dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Ini menggunakan QML (Qt Meta Language) widget, HTML5 dan OpenGL untuk mengembangkan antarmuka aplikasi yang cepat.

“Rilis ini menandai ambang keterlibatan yang lebih luas, baik dengan industri maupun masyarakat. Untuk pengembang, kontributor dan mitra, sekarang ada pengalaman koheren yang menghadirkan antarmuka yang bersih dan paling stylish saat ini,” kata Mark Shuttleworth, pendiri Ubuntu.

Seperti yang dilansir dari ZDNet (15/02/2013), kehadiran smartphone Ubuntu ini akan turut meramaikan pasar smartphone yang juga kedatangan sistem operasi baru seperti Firefox OS, Tizen OS, dan BlackBerry 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda