Scroll to Top

Timnas Indonesia Nomor 6 di ASEAN, Garuda Kian Menukik!

By Aditya / Published on Saturday, 16 Feb 2013

Timnas Indonesia Kamerun Andik Vermansyah

Rentetan hasil buruk yang dituai Timnas Indonesia yang merupakan dampak dari kisruhnya kondisi persepakbolaan dalam negeri membuat Indonesia hanya mampu berada di nomor 6 pada peringkat FIFA untuk kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Indonesia, yang dulu dikenal sebagai salah satu raksasa ASEAN, kalah saing dengan Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia.

Prestasi yang kian menukik, termasuk kekalahan telak Timnas Indonesia 5-0 atas Yordania dalam laga ujicoba internasional dan tunduk dari Irak dengan skor 1-0 dalam pertandingan perdana di ajang Pra Piala Asia 2015 ditengarai sebagai penyebab utama melorotnya posisi Indonesia di ranking FIFA.

Dalam tiga bulan terakhir, skuat Garuda sama sekali tidak pernah meraih kemenangan di laga internasional sehingga berpengaruh signifikan pada posisi Indonesia di peringkat FIFA. Ditambah lagi dengan carut-marut persepakbolaan di tanah air membuat prestasi yang sudah seret menjadi semakin mampet.

Terhitung Kamis (14/2/2013) yang baru lalu, Indonesia menempati posisi163 dunia di peringkat FIFA. Di kawasan ASEAN, Indonesia berada di peringkat ke-6 di bawah Vietnam Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia.

Vietnam adalah negara ASEAN yang meraih posisi tertinggi, yaitu di ranking 134 dunia dan 19 di Asia, disusul Thailand (141 dunia, 21 Asia), Filipina (147 dunia, 22 Asia), Singapura (158 dunia, 25 Asia), dan Malaysia (159 dunia, 26 Asia), baru kemudian Indonesia (163 dunia, 28 Asia).

Indonesia yang pernah sangat disegani di Asia Tenggara pada dekade terdahulu kali ini hanya mampu unggul dari Myanmar (164 dunia, 29 Asia), Laos (173 dunia, 35 Asia), Kamboja (183 dunia, 38 Asia), dan Brunei Darussalam (185 dunia, 40 Asia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda