Scroll to Top

Granada vs Barcelona 1-2: Lionel Messi Dua Gol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 17 Feb 2013

Granada vs Barcelona 1-2 Lionel Messi Gol ke 300 dan 301

Lionel Messi mencetak gol ke-300 dan 301-nya untuk membantu Barcelona bangkit dari ketertinggalan dalam lanjutan Liga Spanyol pekan ke-24. Bermain di depan publik Granada yang demikian antusias mendukung tim Andalusia Timur, pasukan Jordi Roura menciptakan hasil pertandingan Granada vs Barcelona skor 1-2. Dua gol yang dibukukan Messi, tidak hanya membukukan hasil Liga Spanyol yang fantastis untuk Barca (kemenangan ke-21), tetapi juga membuatnya telah menciptakan 37 gol khusus di La Liga saja.

Bertandang ke Los Carmenes, Jordi Roura melakukan rotasi pemain. Alexis Sanchez lagi-lagi mendapatkan jatah tampil sebagai starter. Sementara lini tengah diisi trio Sergio Busquets, Cesc Fabregas-Thiago Alcantara. Granada, yang dalam lima laga terakhir meraup kemenangan, mengandalkan seorang Odion Ighalo sendirian di depan, dibantu tiga gelandang serang Gabriel Torje, Carlos Aranda, dan Nolito.

“Jika kami bisa mengalahkan Los Blancos (Real Madrid), mengapa tak bisa mengalahkan Barcelona?” demikian yang disampaikan gelandang Mikel Rico sehari sebelum bertanding.Dan yang terjadi dalam 45 menit pertama, adalah pembuktian ucapan Rico. Barcelona, seperti biasa, unggul dalam ball possessions.

Bahkan, pada satu titik, penguasaan bola mereka mencapai 80%. Namun, kesepian melanda para penyerang Barca. Mereka memang mengancam Tono dengan beberapa percobaan. Namun, tidak ada yang terlalu berarti, kecuali tembakan jarak dekat Lionel Messi di menit 38.

Kekurangan peluru yang dialami prajurit Catalan, dimanfaatkan dengan baik oleh Granada yang terlihat lebih tertata. Dan hasilnya, adalah gol Odion Ighalo pada menit 26. Sebuah kejutan yang sukar dipercaya. Sebuah umpan silang dari sisi kiri pertahanan Barcelona, diakhiri dengan umpan datar Nolito kepada Ighalo. Tak menyiakan peluang, penyerang asal Nigeria menjebol gawang Victor Valdes dari jarak dekat.

Tertinggal 1-0 dan tampil tak meyakinkan, Barca berusaha berubah di babak kedua. Hasilnya adalah, sebuah gol dari siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. Tembakan Thiago Alcantara memang bisa diblok oleh Tono. Tapi bola mengalir pada King Leo yang mencetak gol ke-300-nya untuk Barca di menit 49. Kejelian Jordi Roura untuk mengembalikan posisi Messi sebagai tumpuan mencetak gol alih-alih playmaker di babak pertama, adalah kuncinya.

Pedro Rodriguez nyaris dua kali membawa Barca membalikkan keadaan. Yang pertama, adalah tendangannya yang masih membentur tiang gawang di menit 66. Dan selang dua menit, Pedrito bisa membobol gawang Tono. Namun, gol ini tidak disahkan wasit karena hakim garis mengangkat bendera off side terlebih dahulu.

Ketelatenan Barcelona dalam mencetak gol akhirnya terjawab sudah. Menit 73, sebuah tendangan bebas dari posisi sangat ideal, didapatkan. Dan Lionel Messi melepaskan tembakan geledek yang tak bisa dibendung oleh Tono. Keadaan berbalik. Dan inilah gol ke-37 Messi di La Liga musim ini.

Granada berusaha membobmardir pertahanan Barcelona, terutama memasuki menit 90. Namun, segalanya sudah terkunci. Barca menang 1-2, terus melaju di Liga Spanyol, dan sekali lagi King Leo membuktikan ketajamannya. Bagaikan sebuah cerita yang diputar berulang-ulang, tapi kita tak pernah bosan mendengarnya.

Granada (4-2-3-1):Tono; Nyom, Inigo Lopez, Mainz, Siqueira; Recio, Rico; Torje (Yacine Brahimi ’77), Aranda (Youssef El Arabi ’58), Nolito ( Diego Buonanotte ’73); Ighalo

Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Pique, Mascherano, Adriano (Alba ’38); Thiago, Busquets, Cesc; Alexis (Tello ’58), Messi, Pedro (Iniesta ’72)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda