Scroll to Top

HP Siapkan Tablet Android karena Anggap Microsoft Sebagai Rival?

By Ditya / Published on Sunday, 17 Feb 2013

HP Sleekbook 14

Beberapa waktu lalu sempat dikabarkan bahwa Hewlett-Packard atau HP sedang menyiapkan produk tablet dengan sistem operasi Android yang akan ditenagai oleh chipset Nvidia Tegra 4 quad-core. Kabarnya, HP menyiapkan tablet Android karena menganggap Microsoft adalah rivalnya di pasar tablet bersistem operasi Windows.

Seperti yang kita tahu, Microsoft memiliki jajaran produk tablet dengan sistem operasi Windows RT dan Windows 8 melalui seri Surface RT dan Surface Pro. Kehadiran tablet Surface besutan raksasa software asal Redmond ini menuai protes dari para partner Microsoft, termasuk HP.

Para analis memperkirakan bahwa partner Microsoft seperti HP ini kesal dengan langkah Microsoft yang meluncurkan tablet Surface. Microsoft mengatakan bahwa Surface hadir untuk menghadang Apple iPad, tetapi Surface malah dianggap pesaing atau rival berat para partner Microsoft.

“Saya bisa melihat mengapa produsen mengambil rute ini dan tak sepenuhnya menempel pada Microsoft. Mereka (para partner Microsoft) mungkin kesal dengan kehadiran produk Surface,” kata Ben Bajarin, principal Creative Strategies.

Kehadiran tablet Surface RT yang ditenagaioleh prosesor ARM dan menggunakan sistem operasi Windows RT ini membuat sejumlah partner Microsoft, termasuk HP enggan memproduksi tablet bersistem operasi Windows RT.

HP sendiri sempat memberikan pernyataan bahwa tablet Surface besutan Microsoft itu lambat dan mahal. Produsen komputer terkemuka ini akhirnya mencoba bermain di pasar lain, dalam hal ini adalah Android. HP berniat akan merilis tablet Android yang ditujukan untuk pasar kelas atas.

Seperti yang dilansir dari CNET (16/02/2013), HP sendiri sebelumnya mencoba peruntungan dengan merilis produk berbasis WebOS melalui jajaran produk TouchPad, sayangnya produk ini gagal. HP kini mencoba menggunakan Android untuk membidik pasar kelas atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda