Scroll to Top

Mendiagnosa Masalah Kesehatan dari Kondisi Gigi

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 17 Feb 2013

gigi

Keadaan yang terjadi di dalam mulut bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada tubuh. Hal itu bisa dilihat dari kondisi fisik gigi dan yang dirasakannya. Dikutip dari Times of India, berikut ini kondisi gigi dengan kemungkinan sebagai gejala masalah kesehatan:

  1. Gigi datar. Biasanya terjadi karena gigi atas dan bawah saling menekan dan bergemeretak saat tidur. Kondisi ini disebut juga bruxism. Kalau Anda mengalami hal ini secara rutin, kemungkinan memiliki tingkat stres yang tinggi dan bisa jadi mengarah pada depresi.
  2. Gigi sensitif. Kemungkinan hal ini menunjukkan serangan asam refluks atau perut terasa mulas. Saat perut Anda dalam kondisi asam dengan pH 2,2, keasaman bisa naik lagi ke rongga mulut. Tingginya zat asam ini akan mengiritasi gigi yang punya pH normal 5,5. Akibatnya, terjadi gigi sensitif dengan tanda rasa linu sewaktu makan atau minum pada suhu panas dan dingin.
  3. Mulut terasa kering. Jika mulut Anda seperti kering berkepanjangan, tidak ada salahnya segera menemui dokter spesialis ginjal (nephrologist). Pasalnya, kekeringan menjadi tanda dehidrasi. Ketika terjadi infeksi di ginjal, terjadi ketidakseimbangan dalam regulasi cairan yang memunculkan tanda kering di mulut. Namun, keringnya mulut juga bisa menjadi tanda dari dehidrasi. Konsultasikan hal ini dengan dokter.
  4. Gigi patah. Bisa jadi penyebabnya adalah kualitas gigi yang menurun. Ketika tubuh kekurangan kalsium dan vitamin D, kekuatan tulang dan gigi ikut terpengaruh.
  5. Nyeri di gigi geraham atas. Penderitanya mungkin mendapati kondisi gigi geraham atas dan gusinya cukup bagus. Namun, rasa sakit yang muncul dapat disebabkan oleh sinusitis. Rongga udara di tulang pipi yang ada di atas rahang bagian atas mengalami peradangan akibat infeksi. Sehingga, geraham yang ada di dekat sinusitis terasa nyeri saat ditekan.
  6. Gusi tampak pucat.  Kemungkinan hal tersebut menjadi tanda dari kelelahan atau berkurangnya kadar hemoglobin dalam darah. Anda memerlukan konsumsi makanan yang mengandu zat besi untuk merangsang pembentukan sel darah merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda