Scroll to Top

Sony PS 4 akan Dukung Game PS 3 Melalui Streaming Gaikai?

By Ditya / Published on Sunday, 17 Feb 2013
Prototipe kontroler PS 4
Prototipe kontroler PS 4

Setelah foto prototipe kontroler konsol Sony PlayStation 4 atau PS 4 bocor, kini muncul kabar bahwa Sony PS 4 akan tetap mendukung game-game dari konsol PS 3 melalui streaming Gaikai, sehingga pengguna memerlukan sebuah koneksi internet broadband.

Gaikai sendiri adalah layanan cloud-streaming yang memberikan stream video game melalui web. Gaikai juga sebelumnhya telah digandeng oleh produsen tablet untuk bekerjaama menghadirkan tablet gaming berbasis Android.

Kemampuan backward compatibility atau dukungan game-game dari konsol PS 3 di PS 4 ini dinilai sebagai salah satu nilai plus yang mampu mendongkrak pesona konsol terbaru besutan Sony ini.

Produsen asal Jepang ini tampaknya merespon hal tersebut dengan menggandeng Gaikai untuk mendukung game PS 3 melalui streaming. Sayangnya, berita ini belum dikonfirmasi baik dari pihak Sony maupun dari pihak Gaikai mengenai kehadiran fitur tersebut.

Sony sendiri telah menhadirkan kemampuan backward compatibility pada konsol terdahulu, seperti game konsol PS 1 dapat dimainkan di konsol PS 2 dan game di konsol PS 2 dapat dimainkan di konsol PS 3. Namun, konsol PS 4 kabarnya menggunakan arsitektur berbeda, yakni x86, yang konon tak memungkinkan untuk memainkan game0game lawas dari konsol PS 3.

Mengantisipasi hal tersebut, Sony ddikabarkan menggandeng Gaikai agar masalah kompatibilitas terpecahkan. Jika memang benar Sony menggandengan Gaikai, maka konsol PS 4 tak hanya mampu memainkan game dari PS 3 saja, tapi juga game dari PS Vita dan perangkat lainnya.

Seperti yang dilansir dari TechRadar dan VR-Zone (16/02/2013), konsol yang menggunakan nama sandi Orbis ini ditenagai oleh prosesor AMD 8-core yang dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon, dan disukung oleh memori RAM sebesar 4GB. Konsol ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga USD $400 atau lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda