Scroll to Top

Seteguk Alkohol Setiap Hari Meningkatkan Risiko Berbagai Kanker

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 17 Feb 2013

alkohol

Seberapa pun takaran minuman beralkohol ditenggak, tetap memberikan kontribusi dalam meningkatkan risiko terkena kanker. Menurut studi yang dilakukan Boston University School of Medicine (BUSM) dan Boston University School of Public Health (BUSPH), risiko muncul dari setiap gelas alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Banyak penderita kanker yang dulunya diketahui menjadi peminum alkohol. Demikian dikutip dari Times of India.

Studi ini menganalisa data terbaru di Amerika Serikat terkait konsumsi alkohol dengan kematian akibat kanker. Peneliti menemukan terjadi sekitar 20 ribu kematian setiap tahunnya karena kanker yang dipicu oleh konsumsi minuman beralkohol. Penderita meninggal dengan berbagai jenis kanker. Angka tersebut menempati porsi 3,5 persen dari total semua kematian karena kanker dengan berbagai pemicu di AS.

“Hubungan antara alkohol dan kanker cukup kuat, tetapi tidak dihargai secara luas oleh masyarakat dan tetap dinomorduakan bahkan oleh dokter,” kata Timothy Naimi, MD, MPH, penulis studi dari Department of Medicine di Boston University School of Medicine. “Alkohol adalah faktor besar risiko kanker yang bisa dicegah, yang tersembunyi di depan mata.”

Dari data tersebut juga ditemukan, kanker payudara menempati urutan pertama jenis kanker yang dipicu oleh alkohol. Ada sekitar 6 ribu atau 15 persen kasus kematian kanker payudara yang terjadi. Begitu pula untuk jenis kanker mulut, tenggorokan, dan esofagus, kematian yang dipicu alkohol totalnya mencapai 6 ribu kasus setiap tahunnya pada pria.

Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Public Health.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda