Scroll to Top

Facebook Kembali Jadi Incaran Peretas

By Ibnu Azis / Published on Monday, 18 Feb 2013

Facebook

Dengan miliki 1 miliar pengguna, Facebook menjadi target empuk bagi tangan-tangan jahil tak bertanggung jawab. Jejaring sosial populer ini mengakui jika situsnya jadi incaran peretas beberapa waktu yang lalu.

Untungnya tak ada informasi dan data pengguna yang berhasil dijebol. Pada Jumat (15/02/13) pihak berwenang federal langsung menyelidiki kasus ini. Facebook sendiri hanya membocorkan sedikit rincian apa yang sedang terjadi.

Menurut Facebook, peretas mencoba menyusupi software jahat sejenis malware ke komputer karyawan mereka. Malware ini kemudian terdeteksi ketika pegawai Facebook sedang membuka situs pengembang teknologi mobile.

Facebook langsung bertindak cepat. Perusahaan tak menunggu lama segera memulihkan seluruh perangkat yang terindikasi terdeteksi. Pihak berwajib pun langsung menginvestigasi. Dan tak diketemukan bukti jika data dan informasi pengguna bocor.

Jika menilik ke belakang, tak hanya Facebook yang terkena musibah ini. Beberapa waktu yang lalu Twitter juga mendapat serangan serupa. Media top AS pun juga demikian. Tercatat The New York Times dan Wall Street Journal ikut diserang dan ditengarai didalangi oleh peretas China.

Presiden Barack Obama pada minggu ini menegaskan agar perusahaan di AS agar meningkatkan perlindungan atas sarana-sara infrastruktur. Dikutip dari VOA Indonesia Senin (18/02/13), upaya ini untuk mewaspadai dan menangkal aksi peretas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda