Scroll to Top

Robotcar, Mobil Tanpa Sopir Besutan Oxford University

By Ditya / Published on Monday, 18 Feb 2013
Robotcar
Robotcar

Tak hanya Google yang bereksperimen dengan mobil robot tanpa sopir atau self-driving car, Oxford University juga mengembangkan mobil tanpa sopir yang dapat dikendalikan melalui tablet iPad yang dijuluki dengan sebutan Robotcar. Mobil robot ini telah berhasil diuji oleh Oxford University.

Beberapa waktu lalu, dunia sempat heboh dengan pengujian mobil robot tanpa sopir atau self-driving car di California oleh Google yang telah mendapat izin untuk diuji di jalan raya. Kini Oxford University juga meluncurkan proyek serupa, yakni Robotcar yang memiliki sistem navigasi sendiri.

Robotcar besutan Oxford University ini ini dibuat menggunakan basis mobil listrik Nissan Leaf yang telah dimodifikasi. Robotcar dilengkapi dengan kamera dan laser pengukur jarak di seluruh sisi mobil untuk membantu navigasi dan menjamin keselamatan penumpangnya.

Mobil robot besutan Oxford University ini cukup canggih, karena setiap ia dijalankan, komputer didalamnya akan beroperasi dengan melakukan jutaan perhitungan yang berlangsung tiap detik. Hal ini dilakukan untuk mempercepat, memperlambat laju mobil, dan menghindari benda-benda yang menghalangi jalan lebih cepat dari yang dilakukan manusia.

“Alih-alih membayangkan mobil akan berkendara sendiri sepanjang waktu, kita juga harus membayangkan mobil yang dapat berkendara sendiri untuk beberapa waktu saja. Hal semacam ini memerlukan biaya yang lebih rendah dan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Paul Newman kepala Department of Engineering Science, Oxford University.

Berbeda dengan mobil serupa besutan Google yang menggunakan pembacaan komputer dan dipandu oleh GPS, Robotcar besutan Oxford University ini menggunakan laser range finder yang dibantu dengan teknologi pemetaan.

Seperti yang dilansi dari VR-Zone (17/02/2013), konsep Robotcar besutan Oxford University ini memang agak berbeda dengan konsep mobil robot Google. Robotcar ini menggunakan sistem hybrid driving dimana pengguna dapat menyetir mobil layaknya mobil konvensional atau dapat menyuruh mobil untuk menyetir sendiri ketika ingin beristirahat saat macet atau perjalanan jarak pendek.

Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda