Scroll to Top

Meteor Rusia: Pecahan Ditemukan di Danau Beku Wilayah Ural

By Ditya / Published on Monday, 18 Feb 2013
Danau
Lubang akibat hantaman meteor di Rusia

Pecahan meteor yang telah menghantam wilayah Rusia ini ditemukan disebuah danau beku di daerah Ural, tepatnya berada dekat dengan wilayah Cherbakul, Chelyabinsk. Jatuhnya meteor di wilayah Rusia ini menyebabkan kerugian yang cukup besar dan korban luka-luka hingga 1.200 orang.

Chelyabinsk adalah kota yang berada sekitar 1.500 kilometer sebelah timur kota Moskow. Sebuah meteor telah jatuh diwilayah tersebut pada hari Jumat lalu dan menimbulkan ledakan luar biasa.

Meteor yang diperkirakan memiliki berat 10 ton ketika sebelum meledak ini dikabarkan mengandung 10 persen zat besi. Hal ini dikatakan oleh Viktor Grohovsky yang berasal dari Universitas Ural ketika ditanya mengenai pecahan meteor terebut. Ia juga menambahkan bahwa pecahan meteor tersebut merupakan chondrite biasa, yakni batuan yang mengandung 10 persen zat besi.

“Kami baru saja menyelesaikan penelitian, kami menyatakan bahwa pecahan yang ditemukan di sekitar Danau Chebarkul memang bagian dari meteor. Batuan ini mungkin akan diberi nama meteorit Chebarkul,” kata Viktor Grohovsky.

Sementara itu, pihak NASA memperkirakan bahwa meteor yang jatuh di wilayah Chelyabinsk, Rusia, ini memiliki diameter sekitar 17 meter atau 55 kaki dengan energi yang dilepaskan mencapai 500 kiloton. Bandingkan dengan bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki dan Hirosima pada tahun 1945 yang mencapai sekitar 12 hingga 15 kiloton.

Seperti yang dilansir dari Republika (18/02/2013), pemerintah Rusia mengatakan bahwa hantaman meteor yang jatuh di wilayah Chelyabinsk ini menimbulkan kerugian yang mencapai sekitar USD $33 juta dan diperkirakan sekitar 200 ribu meter persegi kaca pecah dan membuat warga luka-luka.

Pemerintah Rusia juga telah mengerahkan 9.000 orang untuk membantu korban luka dan membersihkan puing-puing kaca yang pecah akibat ledakan meteor tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda