Scroll to Top

Pembagian Pot Drawing Liga Champions 2011-2012

By Wan Faizal / Published on Thursday, 25 Aug 2011

Pembagian grup Liga Champions 2011-2012 akan segera dilaksanakan hari Jumat esok. Sebelumnya, menarik untuk mengetahui bagaimana hasil pembagian pot yang akan menentukan siapa saja unggulan pertama hingga unggulan keempat.

Terdapat empat pot dimana tiap pot diisi delapan tim. Pot pertama berarti bisa dikatakan berisi tim-tim yang menjadi ungulan pertama. Demikian seterusnya hingga pot keempat atau pot terakhir. Pembagiannya didasarkan pada nilai koefisien masing-masing tim di kompetisi Eropa. Juga ditentukan oleh konsistensi performa tim itu sendiri di kompetisi Eropa dan kekuatan dari liga asal negara masing-masing tim.

Selanjutnya, hasil pengundian grup nanti kita akan menjumpai dalam satu grup akan diisi empat tim yang berasal dari pot yang berbeda. Dengan kata lain, dalam satu grup akan ada tim unggulan pertama (dari pot 1), unggulan kedua (dari pot 2), unggulan ketiga (dari pot 3), dan unggulan keempat (dari pot 4).

Meski begitu, dalam pengundian fase grup nanti tidak akan terjadi kemungkinan bertemunya dua atau lebih tim yang berasal dari negara yang sama. Jadi, meski Manchester United berada di pot pertama, mereka tidak akan berada satu grup dengan Manchester City yang berada di pot ketiga.

Seperti yang dialami City, tidak semua tim elite masuk dalam pot pertama. Juara Serie-A musim lalu, AC Milan, justru masuk di unggulan kedua bersama tim-tim seperti Valencia, Benfica, dll. Juara Jerman, Borussia Dortmund, malah berada di pot keempat.

Dengan begitu, akan terjadi banyak kemungkinan terhadap hasil pengundian nanti. Bisa dibayangkan bagaimana jika Barcelona (pot 1), AC Milan (pot 2), Man. City (pot 3), dan Dortmund (pot 4) berada dalam satu grup.

Atau bagaimana jika Real Madrid (pot 1), Olympique Lyon (pot 2), Ajax Amsterdam (pot 3), dan Napoli (pot 4) berada dalam satu grup? Menarik bukan?

Berikut adalah pembagian pot 1 hingga pot 4:

Pot 1: Manchester United, Barcelona, Chelsea, Bayern Muenchen, Arsenal, Real Madrid, FC Porto, Inter Milan

Pot 2: AC Milan, Olympique Lyon, Shakhtar Donetsk, Valencia, Benfica, Villarreal, CSKA Moscow, Olympique Marseille

Pot 3: Zenit St. Petersburg, Ajax Amsterdam, Bayer Leverkusen, Olympiakos, Manchester City, Lille, FC Basel, BATE Borisov

Pot 4: Borussia Dortmund, Napoli, Dinamo Zagreb, APOEL Nicosia, Trabzonspor, Racing Genk, Viktoria Plzen, Otelul Galati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda