Scroll to Top

Usir Ketombe dengan Cara Sederhana

By C Novita / Published on Tuesday, 19 Feb 2013

cara usir ketombeKetombe adalah hal yang menyebalkan, namun kerap kali dialami oleh sebagian besar orang. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe, serta serpihan putih yang rontok usai Anda menggaruk kulit kepala, sungguh membuat tak nyaman, bukan?

Menggunakan shampo anti ketombe adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk mengusir ketombe. Namun kadang cara itu tak mempan juga. Jangan khawatir, Anda bisa coba cara sederhana berikut ini, dengan menggunakan bahan alami dari dapur rumah.

Dilansir dari timesofindia, berikut cara sederhana usir ketombe:

  • Jeruk nipis/lemon. Ambil 1 butir jeruk nipis atau lemon, lalu peras airnya. Campurkan dalam sebaskom air untuk bilasan terakhir Anda saat keramas.
  • Keramas dengan air dingin. Ketombe kerap muncul bila Anda terbiasa keramas menggunakan air hangat. Jadi, sebisa mungkin gunakan air bersuhu normal/dingin untuk keramas.
  • Buatlah jus lemon dari perasan lemon atau jeruk nipis. Seminggu sekali, pijat-pijat kulit kepala menggunakan jus lemon, dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas.
  • Cuka apel. Ambil cuka apel dan tambahkan air dengan komposisi yang sama. Misal, 1 sendok cuka apel dengan 1 sendok air. Pijat-pijat kulit kepala dengan larutan tersebut, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.
  • Untuk Anda yang menggunakan hijab, jangan menutup rambut saat masih basah. Keringkan dahulu sebelum Anda menggunakan tutup kepala. Ini agar kulit kepala tak lembab dan memicu tumbuhnya ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda