Scroll to Top

Nvidia GeForce Titan: Bocoran Foto Beredar

By Ditya / Published on Tuesday, 19 Feb 2013
GeForce Titan
GeForce Titan

Sebuah foto kartu grafis yang diyakini adalah desain referensi dari kartu grafis Nvidia GeForce Titan telah bocor di internet. Sekilas, desain kartu grafis GeForce Titan ini sangat mirip dengan kartu grafis GeForce GTX 690 yang merupakan kartu grafis tercepat besutan kubu ‘hijau’ Nvidia.

Berbeda dengan desain referensi GeForce GTX 690 mengusung kipas berada di tengak karti grafis, GeForce Titan ini meletakkan sebuah kipas model turbin di posisi sebelah kiri yang dipadukan dengan pendingin berbahan seperti magnesium alloy dan sebuah ‘jendela’ akrilik disebelah kanan.

Sebagai kartu grafis paling top, GeForce Titan ini tampaknya juga cukup haus daya listrik, hal ini terlihat dengan hadirnya konektor power PCI-E tambahan 6+8 pin. GeForce Titan diperkirakan memerlukan daya listrik hingga 250W untuk bekerja.

Tak hanya itu, GeForce Titan ini akan berlari dengan kecepatan maksimal hingga 1.019MHz dengan kecepatan dasar mencapai 837/878MHz dan menawarkan kinerja yang setara dengan GeForce GTX 690 atau 60 persen lebih cepat dibanding GeForce GTX 680.

Chip GeForce terbaru yang mengusung seri GK110 dengan nama sandi Titan ini diharapkan mampu menghadirkan peningkatan kinerja kartu grafis yang sginifikan dibanding generasi sebelumnya, yakni GeForce Kepler atau GeForce seri 600.

Seri tertinggi dari kartu grafis GeForce Titan yang kemungkinan akan menyandang nama GeForce GTX 780 ini kabarnya akan dibekali 2.688 stream prosesor atau CUDA core yang dipadukan dengan 48 ROPs, 224 TMUs, dan 14 dari core tersebut adalah unit SMX.

Seperti yang dilansir dari Legit Review (18/02/2013), kehadiran GeForce Titan besutan Nvidia ini tentu membuat kubu ‘merah’ AMD tak akan tinggal diam. Meski AMD telah mengonfirmasi bahwa pihaknya mengundur rilis Radeon HD seri 8000 yang sejatinya adalah lawan untuk GeForce Titan, pihaknya akan memanfaatkan Radeon HD 7990 untuk membendung GeForce Titan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda