Scroll to Top

Orangtua Gunakan FB untuk Awasi Anak

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 19 Feb 2013

Laptop Orangtua Anak

Tak sedikit orangtua khawatir dengan gelagat anak-anak mereka di Facebook. Menurut penelitian terbaru, tidak sedikit orangtua yang bergabung ke FB untuk mematai-matai buah hati mereka.

DIkuti dari CNET News Selasa (19/02/13) yang mengutip dari Education Database Online, tak kurang 43% orangtua yang mengecek profil anak mereka di Facebook tiap hari. Terlebih apa yang mereka tulis dan foto yang men-tag mereka.

Dari tahun ke tahun pun pertumbuhan akun orangtua di Facebook juga bertambah. Tahun 2010 lalu terjadi peningkatan sekitar 50%. Di tahun 2011 melonjak menjadi 62%. Dan ditahun 2012 meningkat di angka 72%.

Kebanyakan orangtua menambahkan anak mereka sebagai teman di Facebook. Tercatat hingga 92% orangtua di FB berteman dengan anaknya. Alasannya sederhana, agar mereka bisa memantau buah hati mereka.

Lantas apa sesungguhnya alasan orangtua bergabung ke Facebook? 1 dari 2 orangtua mengaku agar ‘lebih dekat’ dengan anak. 32% orangtua mengecek akun anaknya 4 hingga 5 kali per pekan, 11% mengaku mengecek sebulan sekali, dan 14% mengecek secara sporadis.

Untuk masalah konten, 41% orangtua penasaran dengan apa yang ditulis anak mereka (status), 39% orangtua ingin tahu apa yang ditulis orang lain di wall anak mereka, dan 29% orangtua penasaran dengan foto yang men-tag anaknya.

Kekhawatiran orangtua ini bukannya tanpa alasan. Setidaknya Education Database Online mencatat ada 7,5 juta akun Facebook yang berpengguna di bawah umur (13 tahun). Celakanya, tatkala orangtua memberi komentar, mereka justru merasa dipermalukan oleh tindakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda