Scroll to Top

Tablet Surface Pro Bisa Jalankan Mac OSX Mountain Lion!

By Ditya / Published on Tuesday, 19 Feb 2013

Surface Pro Mac OSX

Sebuah video yang di upload di YouTube menunjukkan bahwa tablet Surface Pro besutan Microsoft dapat menjalankan sistem operasi terbaru besutan perusahaan pesaingnya, yakni Mac OSX 10.8 Mountain Lion. Kabarnya, Surface Pro tak hanya dapat jalankan sistem operasi Mac OSX, tapi juga distribusi Linux.

Tablet Surface Pro sendiri ditenagai prosesor Intel generasi Ivy Bridge dari keluarga Core i5 ULV (Ultra-Low Voltage) dengan konsumsi daya maksimal 17W dan didukung grafis dari Intel HD Graphics 4000. Surface Pro ini juga dibekali memori RAM yang cukup besar, yakni 4GB.

Surface Pro dibekali layar dengan ukuran yang sama dengan tablet Surface RT, yakni 10,6 inci. Namun, Surface Pro mengusung resolusi layar yang lebih tinggi, yakni 1920 x 1080 piksel, sehingga layar tablet ini menjadi lebih tajam dan padat.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, perangkat berbasis Windows 8 dilengkapi fitur Secure Boot yang dapat memblokir instalasi sistem operasi selain Windows 8 di perangkat yang sama. Fitur Secure Boot ini akhirnya dapat dimatikan melalui BIOS.

Berdasarkan video yang telah di-upload di YouTube, terlihat bahwa tablet Surface Pro ini mampu menjalankan sistem operasi Apple Mac OSX 10.8 Mountain Lion. Sayangnya, video tersebut bisa saja manipulasi menggunakan fitur remote desktop yang ditampilkan secara fullscreen.

Namun, uploader video tersebut membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa tablet Surface Pro ini memang menjalankan sistem operasi Mac OSX Mountain Lion. Uploader tersebut juga menambahkan bahwa WiFi Surface Pro ini tak dapat berjalan dengan baik di Mac OSX.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (18/02/2013), instalasi sistem operasi Mac OSX diluar hardware Apple sendiri bukanlah hal yang baru. Diluar sana banyak yang menggunakan Mac OSX yang dinstall di perangkat non-Apple, dan ini disebut hackintosh. Penulis sendiri juga menggunakan Mac OSX menggunakan hackintosh tersebut.

Penasaran dengan Mac OSX Mountain Lion yang dijalankan di tablet Surface Pro besutan Microsoft? Simak video berikut.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=icPMg_qkSRs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda