Scroll to Top

PSSI Menyerahkan Hak Siar Timnas Indonesia Ke MNC Group

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 19 Feb 2013

PSSI akhirnya menyerahkan hak siar pertandingan Timnas Indonesia, ke MNC Group. Dengan demikian MNC Group memiliki kesempatan untuk menampilkan siaran Timnas Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun ke depan.

Setelah sebelumnya hak siar Timnas Indonesia dipegang SCTV, kini MNC Group berhak memegang kendali hak siar pertandingan Timnas Indonesia dalam kurun waktu 2013-2015.

Hal itu terjadi setelah MNC Group berhasil memenangkan tender terbuka yang dilakukan oleh PSSI.

MNC Group (RCTI, MNC TV, Global TV, dan lain-lain) harus bersaing untuk mendapatkan hak siar dan hak komersial dengan Emtek Group, LPP TVRI, Grup Kompas TV dan Trans Media Corp.

Ketika dimintai konfirmasinya, Sekjen PSSI Halim Mahfudz tidak membantah hal tersebut. Halim juga menegaskan jika kesepakatan yang terjalin dengan MNC Group merupakan hal yang baru karena proses tender terbuka tersebut menjadi kali pertama yang dilakukan.

“Tidak ada agenda yang disembunyikan dan nilai yang ditawarkan mulai dari harga dasar PSSI sampai pada penawaran peserta tender dibuka secara transparan” ungkap Halim.

Halim menambahkan, selain berhak memegang kendali hak siar MNC Group juga berhak memegang kendali hak komersial atau memasarkan seluruh hal yang berkaitan dengan nilai jual timnas.

Meski telah menetapkan MNC Group sebagai pemegang hak siar dan hak komersial timnas, PSSI tidak menyebutkan besaran nilai kontrak yang berhasil didapat.

Namun informasi yang berkembang di lapangan, PSSI telah membuka harga penawaran untuk hak siar timnas sebesar Rp59 miliar.

Harga tersebut disampaikan kepada seluruh perwakilan perusahaan televisi di kantor PSSI Senayan beberapa waktu lalu.

Sementara itu perwakilan MNC Group Nana Putra mengaku, kesediaan pihaknya menyiarkan pertandingan timnas karena ingin mendukung perkembangan sepak bola nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda