Scroll to Top

5 Cara Menghindari Masalah Pencernaan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Feb 2013

makan

Memperhatikan makan dan cara makan sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dari urusan makan ini pula, banyak efek lain yang menjadi pemicu munculnya berbagai masalah pencernaan. Misalnya kembung, mulas, dan sebagainya.

Seperti dikutip Genius Beauty, tubuh memroduksi 22 jenis enzim dengan bantuan kelenjar ludah, kelenjar lambung, pankreas, dan usus kecil. Semua enzim memiliki perannya masing-masing. Dengan menjaga cara makan yang baik, berarti ikut memperlancar fungsi dari enzim tersebut untuk menangani kerja di pencernaan.

Sebagai saran buat Anda, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan pencernaan:

  1. Makan serat dan minum lebih banyak. Keduanya sangat bermanfaat untuk pencernaan. Serat dapat mencegah hadirnya penyakit diabetes, jantung koroner, wasir, kanker usus besar, dan banyak penyakit lain. Serat bisa didapatkan dari sayuran, buah, dan biji-bijian.
  2. Kunyah makanan secara perlahan. Tujuannya adalah membantu pencernaan untuk mengembangkan enzim yang diperlukan. Makanan yang dikunyah sampai lembut membantu produksi enzim pencernaan sesuai kadar yang diperlukan. Sementara jika makanan berupa pootongan yang lebih besar, enzim pencernaan diproduksi lebih sedikit. Kurangnya enzim menyebabkan proses pencernaan terganggu. Hasil yang Anda dapatkan mungkin merasa mulas, kembung, dan sebagainya.
  3. Usahakan tubuh untuk selalu bergerak aktif dan menghindari stres. Aktivitas fisik mempengaruhi kebaikan tubuh untuk melawan obesitas, sakit perut, diare, hingga gejala iritasi usus. Menghindari stres juga sama pentingnya. Karena, saat stres, aliran darah ke perut menurun yang berdampak pada berkurangnya produksi enzim pencernaan dan melambatnya proses mencerna. Orang stres kerap mengalami rasa mulas, kembung, dan sembelit.
  4. Tidak telat makan. Telat makan akan membuat pencernaan bekerja kurang baik. Dengan makan teratur membuat  pencernaan lebih sehat dan terhindar dari gejala sakit maag.
  5. Kurangi makanan yang membuat perut kembung. Contoh makanan yang aman untuk menimbulkan gas di lambung adalah kacang-kacangan, kubis, brokoli, dan sebagainya. Hindari soda  jika Anda mengalami intoleransi laktosa, jauhi minum susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda