Scroll to Top

Neuer Resmi Berlabuh ke FC Holywood

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 18 May 2011

Pupus sudah harapan klub-klub besar Eropa, termasuk Manchester United, untuk mendapatkan tanda tangan Manuel Neuer. Kiper timnas Jerman tersebut pada 15 Mei 2011 kemarin resmi diboyong oleh Bayern Muenchen dari Schalke 04.

 

Debut Langsung Sukses

Neuer yang lahir pada 7 Maret 1986 memulai kariernya di Schalke 04 pada 2005. Namun, kesempatan pertama membela Schalke baru datang pada musim 2006/2007. Kala itu, memasuki pekan kedua Liga Jerman, Neuer dipilih sebagai kiper utama alih-alih Frank Rost. Padahal, saat itu Schalke mesti melawan sang juara bertahan, Bayern Muenchen. Dalam pertandingan yang berakhir imbang 2-2 itu, Neuer menunjukkan kelasnya. Banyak yang menyadari bahwa ia akan melanjutkan tradisi Jerman yang senantiasa memiliki kiper tangguh. Setelah masa Oliver Kahn (runner-up Piala Dunia 2002) dan Jens Lehmann (peringkat ketiga Piala Dunia 2006 dan runner-up Piala Eropa 2008), para pendukung tim panser memang menanti-nanti, siapakah yang melanjutkan kesuksesan dua kiper tersebut.

Penampilan Neuer pada 2006/2007 sangat gemilang. Di usianya yang menjelang 21 tahun, ia 27 kali membela Schalke 04. Prestasi ini dilanjutkan musim berikutnya kala ia bermain 47 kali di semua ajang. Bahkan, pada musim 2007/2008, Neuer dengan gagah berani mampu menepis dua tendangan penalti Porto dalam drama adu penalti di babak 16 besar Liga Champions. Berkat aksinya ini, Schalke 04 lolos ke perempat final. Pada musim yang sama, gelar UEFA Club Goalkeeper of the Year didapatkannya.

 

Kiper Utama Timnas

Kegemilangan Neuer berlanjut ke timnas senior. Setelah pertama kali memperkuat Jerman pada 2 Juni 2009 kala dijamu Uni Emirat Arab, Neuer disukai oleh pelatih Joachim Loew. Peristiwa bunuh dirinya kiper utama Jerman, Robert Enke, di satu sisi membuat Neuer mampu menerobos daftar utama skuad timnas Jerman, bersaing dengan Rene Adler.

Piala Dunia 2010 menjadi momen spesial bagi Neuer. Ia menjadi kiper utama Jerman sepanjang pertandingan kecuali pada perebutan tempat ketiga kala Jerman menang 3-2 atas Uruguay (posisi kiper diisi oleh Hans Jorg Butt).

 

Dilirik Tim Raksasa

Kala posisinya di timnas membaik, posisi Neuer di Schalke o4 juga tidak tergantikan. Pada musim 2010/2011, meski Schalke 04 tampil buruk di liga domestik, Neuer sukse mengantar Schalke ke babak semifinal Liga Champions. Sayang, kegemilangan Neuer diakhiri oleh Setan Merah Manchester United. Dalam dua pertemuan, Schalke dipecundangi 0-2 di Veltins Arena dan 4-1 di Old Trafford. Meski klubnya gagal ke final, penampilan Neuer, terutama pada semifinal leg pertama, menuai pujian dari banyak pihak, termasuk sang rival, Sir Alex Ferguson. Jika Neuer tidak tampil luar biasa, bukan tidak mungkin MU bisa pulang dengan mencetak lebih dari  2 gol. Manchester United pun terang-terangan meminta Neuer untuk berpikir seandainya ia ingin berlabuh ke Old Trafford.

Di tengah gosip kepindahan Neuer ke MU, sang pemain memilih untuk memperpanjang kontrak dengan Schalke 04 hingga musim depan pada April 2011. Kala harapan Neuer untuk pindah ke klub yang lebih besar menipis, Bayern Muenchen mengambil-alih keadaan. Secara tidak terduga, FC Holywood berhasil memboyong kiper utama Jerman ini ke Allianz Arena. Uli Hoennes, presiden Bayern Muenchen sendiri yang menyatakannya.

 

Eksodus dan Optimisme

Perpindahan Neuer ke FC Holywood pada akhirnya melanjutkan tradisi, begitu banyak pemain Liga Jerman yang tergiur datang ke Muenchen. Sebelumnya Michael Ballack, Miroslav Klose, Lukas Podolski (meski kembali lagi ke FC Koeln),  hingga Hamit Antiltop, rela hijrah ke klub yang konon terbaik di liganya ini. Kedatangan Neuer sendiri menjadi harapan baru bagi Bayern Muenchen. Setelah musim lalu gagal mendapatkan gelar juara liga, Muenchen tampak membidik musim 2011/2012 lebih optimis lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda