Scroll to Top

Giliran Apple Jadi Incaran Peretas

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 20 Feb 2013

Apple Mac

Setelah Facebook kini giliran Apple yang jadi incaran peretas. Seperti diwartakan Reuters Kamis (20/02/13), perusahaan yang didirikan Steve Jobs tersebut mengakui jika sejumlah komputer mereka diserang dengan virus yang sama yang digunakan untuk menyasar jejaring sosial populer tersebut.

Sejumlah komputer karyawan Apple, Mac, terindikasi terkontaminasi virus tatkala mereka mengunjungi situs pengembang aplikasi. Virus ini bersembunyi di sebuah program yang berbasis Java pada browser yang sedang digunakan.

Menurut sumber yang terlibat dalam penyelidikan internal, program ini memang sudah disiapkan, atau bisa dibilang disengaja untuk disusupkan ke komputer-komputer buatan Apple. Tak sekadar komputer karyawan Apple, virus tersebut juga menginfeksi perusahaan lain termasuk kontraktor keamanan.

“Ini adalah serangan besar pertama pada Mac,” ujar salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya.

Hal ini dibilang cukup unik dan diluar dugaan. Peretas biasanya menyerang komputer berbasis Windows. Namun kini terjadi serangan besar-besaran di komputer-komputer buatan Apple.

Sementara itu Chaelie Miller, seorang ahli terkemuka keamanan Apple dan penulis buku Handbook Hacker Mac berujar serangan ini menunjukkan jika peretas kini berinvestasi lebih banyak untuk memelajari celah keamanan sistem operasi Mac OS X.

“Sebagai contoh, hacker baru-baru ini menemukan cara yang cukup canggih untuk menyerang Mac dengan memanfaatkan cacat dalam perangkat lunak Adobe Flash System,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda