Scroll to Top

Firefox 19 Dirilis, Bawa Fitur Pembaca PDF

By Ditya / Published on Wednesday, 20 Feb 2013
Firefox 19
Firefox 19

Tak lama setelah Mozilla merilis Firefox 19 versi beta, kini pengembang browser Firefox ini sudah resmi merilis versi final dari browser Firefox 19 yang mengusung fitur baru, yakni pembaca file PDF yang hadir secara built-in di browser Firefox 19.

Firefox sendiri adalah browser internet populer yang dikembangkan oleh Mozilla menggunakan mesin rendering yang bernama Gecko dan menggunakan lambang rubah api. Kini browser Firefox telah mencapai rilis versi 19.

Salah satu fitur utama Firefox 19 adalah hadirnya pembaca file PDF atau PDF viewer secara built-in di browser Firefox. Fitur PDF viewer akan memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan membuka langsung file PDF dari internet di browser Firefox tanpa menggunakan perangkat lunak lain seperti Foxit Reader atau Adobe Reader.

Selama ini pengguna harus menggunakan Adobe Reader atau menggunakan plug-in dari Foxit Reader agar dapat membaca file PDF langsung dari browser Firefox.

“Selama beberapa tahun sudah ada beberapa plugin untuk membaca file PDF dalam Firefox. Banyak dari plugin datang dengan milik kode sumber tertutup yang berpotensi mengekspos pengguna untuk kerentanan keamanan plugin PDF. Firefox dapat menghasilkan kinerja baik tanpa kode proprietary.”

“Ini masalah, dan keinginan untuk mendorong batas-batas dari platform HTML5, dipimpin Andreas Gal dan Chris Jones untuk memulai sebuah proyek penelitian mereka bernama PDF.js. Proyek ini berkembang cepat dan menjadi pembaca file PDF built-in di Firefox,” kata Brendan Dahl, Mozilla Engeenering Manager.

Tak hanya itu, Firefox 19 juga membawa sejumlah peningkatan kestabilan, pernbaikan bug, dan sejumlah perbaikan kecil lainnya untuk meningkatkan performa dan keamanan browser Firefox 19.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (19/02/2013), Firefox 19 juga menawarkan start-up yang lebih cepat, kemampuan Remote Web Console untuk terhubung dengan Android atau Firefox OS. Penasaran? Silahkan unduh Firefox 19 di tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda