Scroll to Top

GeForce Titan Diperkenalkan Nvidia, Grafis Tercepat Saat Ini

By Ditya / Published on Wednesday, 20 Feb 2013
GeForce Titan
GeForce Titan

Nvidia akhirnya secara resmi memperkenalkan kartu grafis generasi baru, yakni GeForce Titan yang diklaim sebagai kartu grafis tercepat saat ini. Tak hanya memiliki kinerja gaming yang luar biasa, GeForce Titan ini juga diklaim memiliki kemampuan prosesing besar layaknya sebuah superkomputer.

GeForce GTX TITAN adalah monster GPU – dan satu-satunya di dunia yang cukup kuat untuk memainkan game apa saja pada resolusi berapapun setiap saat. Namun, semua kekuatan besar ditempatkan di sebuah desain yang ramping, sehingga gamer juga dapat membangun mesin PC gaming indah seukuran sebuah konsol game, namun besaran lebih kuat dan selalu di-upgrade,” kata Scott Herkelman, general manager GeForce bussines unit Nvidia.

Chip GeForce terbaru yang mengusung seri GK110 dengan nama sandi Titan ini diharapkan mampu menghadirkan peningkatan kinerja kartu grafis yang siginifikan dibanding generasi sebelumnya, yakni GeForce Kepler atau GeForce seri 600. GeForce Titan ini mengusung sekitar tujuh miliar transistor didalamnya.

Seri tertinggi dari kartu grafis GeForce Titan yang kemungkinan akan menyandang nama GeForce GTX 780 ini kabarnya akan dibekali 2.688 stream prosesor atau CUDA core yang dipadukan dengan 48 ROPs, 224 TMUs, dan 14 dari core tersebut adalah unit SMX. Jumlah stream prosesor GeForce Titan ini 75 persen lebih banyak dibanding GeForce GTX 680.

Tak hanya itu, GeForce Titan ini akan berlari dengan kecepatan maksimal hingga 1.019MHz dengan kecepatan dasar mencapai 837/878MHz dan menawarkan kinerja yang setara dengan GeForce GTX 690 atau 60 persen lebih cepat dibanding GeForce GTX 680 dan menghasilkan kekuatan komputasi mencapai 4,5 TFLOPS.

Seperti yang dilansir dari Legit Review (19/02/2013), GeForce Titan juga dilengkapi fitur GPU Boost 2.0 yang secara otomatis akan melakukan overclock kartu grafis atau memungkinkan pengguna melakukan overclocking manual.

GeForce Titan akan segera hadir di pasar melalui partner-partner Nvidia, sebut saja Asus, Gigabyte, Palit, EVGA, Colorful, Galaxy, dan Zotac. Harga GeForce Titan diperkirakan mencapai USD $999 atau sekitar Rp 9 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda