Scroll to Top

Nvidia Tegra 4i Quad Core Diperkenalkan, Usung Dukungan LTE Terintegrasi

By Ditya / Published on Wednesday, 20 Feb 2013
Nvidia Tegra 4i
Nvidia Tegra 4i

Setelah merilis prosesor SoC (System on Chip) Tegra 4 atau “Project Wayne” yang diklaim sebagai prosesor mobile tercepat di dunia, kini Nvidia memperkenalkan Tegra 4i atau “Project Grey” yang dilengkapi dengan prosesor quad-core dan dukungan 4G LTE (Long Term Evolution) terintegrasi.

Nvidia Tegra 4i ini diplot untuk membidik pasar smartphone dengan performa dibawah Tegra 4 yang ditujukan untuk pasar tablet dan superphone. Tegra 4 sendiri telah diperkenalkan terlebih dahulu di ajang CES 2013. Sayangnya, sampai saat ini belum ada perangkat yang menggunakan Tegra 4.

Tegra 4i ini sama dengan Tegra 4 atau Tegra 3 yang mengusung pola quad-core 4+1 dengan hadirnya core kelima atau yang disebut dengan core companion yang menangani tugas-tugas ringan untuk menghemat konsumsi daya.

Berbeda dengan Tegra 4 yang menggunakan quad-core ARM Cortex-A15, Project Grey atau Tegra 4i ini menggunakan prosesor quad-core ARM Cortex-A9 R4 dengan kecepatan maksimal hingga 2,3GHz. ARM Cortex-A9 R4 sendiri adalah versi terbaru dari arsitektur ARM Cortex-A9 yang mengusung kinerja yang lebih cepat dengan konsumsi daya yang lebih efisien.

Sisi grafis, Tegra 4i ini dibekali GeForce ULP 60 core, lebih sedikit dibanding Tegra 4 yang mencapai 72 core grafis. Sayangnya, tak diketahui kecepatan core grafis GeForce ULP pada Tegra 4i. Tegra 4i ini diproduksi dengan proses fabrikasi 28 nm besutan TSMC.

Dukungan 4G LTE terintegrasi pada chipset Tegra 4i ini tersedia berkat masuknya chip baseband Icera i500 yang mendukung 4G LTE kategori 3 dengan kecepatan 100Mbps dan dukungan terhadap WCDMA atau HSPA+ dengan kecepatan hingga 24Mbps.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (19/02/2013), chipset Tegra 4i ini tampaknya lebih ditujukan untuk smartphone kelas menengah dan menggantikan posisi Tegra 3 saat ini. Sayangnya, tak ada informasi mengenai kehadiran smartphone yang akan ditenagai oleh Tegra 4i ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda