AC Milan vs Barcelona 2-0 Hasil Liga Champion 2013

AC Milan vs Barcelona 3

Kevin Prince Boateng dan Sulley Ali Muntari. Dua orang inilah penentu hasil pertandingan AC Milan vs Barcelona skor 2-0 dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champion yang digelar pada Kamis, 21 Januari 2013 pukul 02.45 WIB. Bertandang ke San Siro, Lionel Messi dkk. dibuat tak berkutik meskipun unggul dalam penguasaan bola. Hasil Liga Champion antara Milan vs Barca ini membungkam kebanyakan prediksi sekaligus membuka jalan wakil Liga Italia untuk bergerak lebih jauh di kompetisi terelite antar klub Eropa ini.

Dalam pertandingan Barcelona vs AC Milan, pelatih Rossoneri Max Allegri menggunakan formasi 4-3-1-2 dengan mengandalkan duo Giampaolo Pazzini dan Stephan El Shaarawy. Sementara, tim tamu pada laga Milan vs Barcelona memainkan Xavi Hernandez di lini tengah. Lionel Messi kembali didukung oleh Pedro Rodriguez dan Andres Iniesta.

Awal-awal duel Milan vs Barca, diwarnai dengan dijalankannya skema Allegri dengan baik. Barcelona, seperti biasa mendominasi penguasaan bola. Namun, para pemain Rossoneri berhasil membuat penguasaan tersebut tidak berjalan semestinya.

Tekanan kepada para pemain Blaugrana terutama ketika memasuki sepertiga akhir lapangan, membuat Christian Abbiati tidak mendapatkan ujian. Sebaliknya, kecepatan Stephan El Shaarawy nyaris membuat Barca tertinggal andai tidak ada sapuan Carles Puyol di menit 15.

Skor 0-0 masih terus bertahan hingga turun minum. Barca yang menghadapi lapangan yang tak bersahabat, seperti membentur tembok tebal. Pertahanan Rossoneri membendung segala peluang yang mungkin didapatkan oleh Lionel Messi dkk. Deja vu atas pertandingan terakhir kedua tim di stadion yang sama tahun lalu, bukan tidak mungkin terulang.

AC Milan vs Barcelona 2

AC Milan vs Barcelona

Deadlock seakan terjadi di San Siro ketika tim tamu dengan penguasaan bola hingga 75% tak juga menemui jalan untuk membongkar pertahanan AC Milan. Namun, akhirnya Rossoneri yang unggul di menit 57.

Pelanggaran Dani Alves di depan kotak penalti terhadap El Shaarawy berbuah hadiah tendangan bebas. Riccardo Montolivo yang mengambil sepakan ini. Bola mental, dan akhirnya jatuh ke arah Kevin Prince-Boateng yang melepaskan tendangan setengah voli untuk masuk ke sudut bawah gawang Victor Valdes. Sementara, para pemain Barca memprotes gol tadi karena terlihat bola sempat membentur tangan Zapata. Tak bisa ditawar, gol tetaplah gol.

Upaya Jordi Roura memasukkan Alexis Sanchez, tidak mengurangi kesaktian AC Milan. Sementara, lagi-lagi Messi mendapatkan hari yang tak menyenangkan ketiak tendangan bebasnya bagaikan ditujukan untuk menembak burung di menit 63.

Barca tetap dominan, tapi jarak melebar. Adalah Sulley Muntari yang membuatnya. Assist El Shaarawy dituntaskan dengan tendangan voli kaki kiri yang mengunci hasil pertandingan di menit 81.

Usaha apa pun dari Barca untuk memperkecil kekalahan tak berujung, dan Rossoneri mendapatkan clean sheet yang sangat penting menjelang duel di Camp Nou kelak. Skor akhir 2-0 untuk kubu San Siro yang sangat efektif. 23% penguasaan bola, 8 tembakan. Kontras dengan Barcelona.

AC Milan vs Barcelona 38

AC Milan     Barcelona
8(3) Tembakan (Tembakan ke gawang) 7(1)
16 Pelanggaran 10
3 Tendangan sudut 4
4 Off side 2
27% Ball Possessions 73%
2 Kartu Kuning 2
0 Kartu Merah 0
1 Penyelamatan 1

AC Milan (4-3-1-2): Abbiati; Abate, Mexes, Zapata, Constant; Montolivo, Ambrosini, Muntari; Boateng; Pazzini (M’Baye Niang ’63), El Shaarawy (Bakaye Traoré ’87).

Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Pique, Puyol (Javier Mascherano ’88), Alba; Xavi, Busquets, Cesc (Alexis Sanchez ’62); Pedro, Messi, Iniesta.

 

Komentar Anda

Leave A Response