Scroll to Top

5 Bahan Makanan dengan Lemak Sehat

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Feb 2013

makan kacang

Tidak semua yang mengandung lemak itu merugikan. Disitat dari MindBodyGreen, ada beberapa makanan yang lemaknya justru sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Inilah ulasannya;

  1. Kacang-kacangan. Kacang sangat baik dimasukkan sebagai makanan sehat. Lemaknya sehat dan kaya protein. Kacang menjadi sumber asam alpha lenolenic  dan omega-3 yang baik bagi jantung. Omega-3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang memiliki L-arginine, sebuah asam amino untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mencegah penyakit kardiovaskular. Kacang juga diketahui memiliki serat sehat dan vitamin E. Anda bisa memilih berbagai jenis kcang yang Anda suka.
  2. Minyak zaitun. Minyak ini sangat sehat dan berperan dalan menurunkan kolesterol jahat. Jenisnya adalah lemak tak jenuh tunggal. Zaitun kaya antioksidan, karotenoid, dan vitamin E. Manfaat lainnya adalah mencegah kanker, mengatur kadar gula, mengurangi keparahan asma, dan mengatasi radang sendi. Anda bisa memakainya untuk meumis, memanggang, memasukkan ke salad, atau meminumnya langsung. Usahakan mendapatkan zaitun yang ekstrak virgin oil.
  3. Alpukat. Lemak yang dimiliki alpukat tidak berbahaya. Bahkan, alpukat menjadi sumber glutathione yang membantu peningkatan kekebalan tubuh dan memerangi radikal bebas.  Zat folatnya menurunkan risiko jantung dan stroke.
  4. Minyak kelapa. Kandungan lemak pada minyak kelapa baik untuk menyehatkan sistem kardiovaskular dan mengatasi gula darah. Minyak ini juga baik untuk kesehatan ginjal, hati, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Asam lemak jenuh pada minyak kelapa berbeda dari jenis yang muncul dari hewani. Tipe minyak ini trigliserida rantai menengah, yang mudah dimetabolisme dan berubah menjadi energi. Minyak kelapa bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL).
  5. Biji-bijian. Biji bunga matahari, biji labu, biji rami, dan biji lainnya kaya dengan omega-3. Lemak ini sangat sehat. Protein pada biji-bijian juga tinggi. Selain asam lemak omega-3, biji-bijian juga mengandung antioksidan, serat, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, besi, dan seng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda