Scroll to Top

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 200 & 400 untuk Pasar Menengah

By Ditya / Published on Thursday, 21 Feb 2013

Qualcomm Snapdragon

Raksasa chipset mobile, Qualcomm hari ini secara resmi memperkenalkan jajaran prosesor SoC (System on Chip) baru yang membidik pasar kelas menengah dan low-end, yakni Snapdragon 200 dan Snapdragon 400. Kehadiran sepasang prosesor Snapdragon ini juga sebagai jawaban Qualcomm dengan hadirnya Nvidia Tegra 4i.

Sebelumnya Qualcomm telah memperkenalkan prosesor SoC kelas atas di ajang CES 2013 melalui Snapdragon 800 dan Snapdragon 600. Bahkan, Snapdragon 600 sendiri sudah digunakan pada smartphone kelas atas seperti HTC One dan LG Optimus G Pro.

Qualcomm telah menyiapkan chipset Snapdragon 200 yang merupakan kelas paling rendah di jajaran Snapdragon terbaru untuk membidik pasar smartphone kelas low-end dan entry level yang banyak dikuasai oleh MediaTek.

Snapdragon 200 menawarkan keseimbangan kinerja dan konsumsi daya baterai yang efisien, sehingga memperpanjang kehidupan baterai. Snapdragon 200 sendiri dilengkapi dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A5 yang berlari dengan kecepatan maksimal 1,4GHz tiap core-nya.

Sisi grafis, Snapdragon 200 ini mengandalkan Adreno 203 GPU (Graphics Processing Unit) yang mendukung playback video HD. Tak hanya itu, Snapdragon 200 juga telah mendukung dual SIM dan kamera hingga 8 megapiksel.

Sedangkan Snapdragon 600 akan membidik pasar kelas menengah yang menawarkan kinerja yang lebih baik dari Snapdragon 200, sehingga cocok untuk smartphone dan tablet kelas menengah dan diklaim konsumsi daya yang hemat sehingga memperpanjang kehidupan baterai.

Qualcomm Snapdragon 400 ini tersedia dalam dua pilihan, yakni dual-core dengan kecepatan maksimal 1,7GHz per core-nya dan quad-core dengan kecepatan maksimal 1,4GHz per core-nya. Sisi grafis, Snapdragon 400 ini didukung dengan grafis dari Adreno 305 yang mampu playback maupun merekan video HD 1080p.

Seperti yang dilansir dari CNET (20/02/2013), Snapdragon 400 ini juga mendukung fasilitas dual SIM dan mendukung kamera hingga resolusi 13,5 megapiksel. Qualcomm mengatakan bahwa smartphone dan tablet dengan chipset Snapdragon 200 & 400 ini akan hadir di akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda