Scroll to Top

Makanan yang Buruk untuk Kecantikan Kulit

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Feb 2013

eat sugar

Memilih makanan itu perlu bagi Anda yang sangat konsen dengan penampilan. Sebab, dari makanan inilah kesehatan kulit akan terpengaruh. Kulit bisa terpengaruh dengan kandungan yang dibawa dalam makanan. Kemunculan jerawat, kulit bersisik, hingga garis tua adalah beberapa efek yang bisa muncul dari hal tersebut. Dikutip dari Huffington Post, inilah enam makanan yang sebaiknya dihindari untuk membuat kulit lebih cantik:

  1. Garam. Garam memberikan kontribusi untuk menahan air di bagian tubuh tertentu. Orang yang sebelumnya banyak mengonsumsi makanan bergaram tinggi, dimungkinkan mengalami pembengkakan di sekitar mata keesokan harinya. Apalagi, kulit di sekitar mata cukup tipis.
  2. Makanan laut tertentu. Udang, kepiting, dan lobster memiliki kandungan yodium yang tinggi. Hal tersebut bisa memicu jerawat. Kemunculan jerawat biasanya kaena akumulasi yodium yang masuk ke tubuh secara keseluruhan dari berbagai konsumsi makanan. Bagi Anda yang sensitif dengan kemunculan jerawat, hindari makanan ini. Pada sayuran, rumput laut dan bayam serupa kandungan yodiumnya seperti makanan laut tersebut.
  3. Susu. Minum susu tanpa kontrol bisa memicu jerawat. Membatasi konsumsi susu sebaiknya diterapkan untuk mendapatkan kulit bersih tanpa jerawat. Studi pada 2012 di Italia menemukan, ada hubungan antara minum susu skim dengan kemunculan jerawat.
  4. Makanan yang tinggi sari patinya. Contohnya adalah roti putih, pasta, kue, dan sirup. Makanan dengan glikemiks tinggi ini, selain berbahaya untuk penderita diabetes, juga memicu perkembangan jerawat. Jadi, hindari makanan yang bisa menaikkan kadar gula dalam darah ini.
  5. Gula. Selain menaikkan gula darah, produk gula dapat melemahkan kekenyalan kulit. Zat kolagen tidak terproduksi dengan baik. Akibatnya, kulit Anda mudah berkerut dan mengalami tanda-tanda penuaan. Gula juga berkontribusi pada kemnculan jerawat.
  6. Alkohol. Minuman memabukkan ini menyebabkan Anda mudah dehidrasi. Alkohol memiliki sifat diuretik atau melancarkan proses buang air kecil. Walhasil, banyak cairan akan terbuang dan membuat kelembaban alami kulit perlahan hilang. Kulit menjadi keriput atau muncul garis-garis halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda