Scroll to Top

Half The Sky, Bermain Game FB Sekaligus Berdonasi

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 21 Feb 2013

Half The Sky

Apa jadinya jika sambil main game kita sekaligus beramal. Sebuah game yang akan segera ditambahkan ke Facebook ini jawabnya. Half The Sky, sebuah game FB sekaligus media donasi.

Game memang identik dengan pembunuh waktu. Mengisi waktu luang, waktu senggang, dan tatkala boring. Namun Half The Sky juga bisa dikatakan game ‘pembunuh’ dosa.

Nicholas Kristof dan Sheryl WuDunn, penulis buku perempuan ini menjadi inspirasi game yang dibesut oleh Games For Change dan Frima Studio. Pemain game Half The Sky bisa berkontribusi dalam donasi hewan ternak dan operasi fistula untuk wanita di negara berkembang.

Game ini menyajikan karakter bernama Radhika yang harus berjuang keras di kehidupan kesehariannya di negara berkembang. Radhika miliki seekor kambing virtual, yang ia kelola dalam bisnis susu kambing.

Lewat kesuksesan bisnisnya, Radhika mampu berkeliling dunia. Mulai India, Kenya, Vietnam, Afghanistan, dan Amerika Serikat. Nah kisah hidup Radhika inilah yang kemudian disinergikan dengan proses donasi.

Misalkan saja saat Radhika membeli seekor kambing, pemainnya bisa meyumbang untuk Heifer International. Atau tatkala Radhika merawat putrinya di Rumah Sakit, si pemain bisa mendonasikan dana untuk vaksin PBB.

Pengembang Half The Sky pun menerima banyak dukungan. Pearson dan Johnson & Johnson misalnya, menawarkan sumbangan buku atau bedah operasi. Zynga pun menawarkan chip yang bisa digunakan sebagai alat tranksaksi.

Seakan dengan Half The Sky, kita bermain game namun permainan ini menentukan nasib hajat hidup umat manusia di seluruh dunia. Apa yang kita lakukan, langkah apa yang kita tempuh, dan tingkah laku kita di game tersebut miliki akibat di dunia nyata.

Half The Sky jika sesuai rencana akan hadir di Facebook mulai 4 Maret 2013 mendatang. Penasaran dengan game tersebut, simak nukilan videonya di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda