Scroll to Top

Berkumur dengan Antibakteri Setelah Gosok Gigi Bisa Kurangi Plak

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Feb 2013

gosok gigi

Studi terbaru di AS yang diterbitkan dalam jurnal General Dentistry menyatakan, berkumur dengan produk kumur antibakteri justru lebih baik daripada sekadar menyikat gigi. Peneliti mengatakan, efektivitas berkumur tersebut bahkan mampu membersihkan plak dan menyembuhkan radang gusi dibanding hanya dengan menyikatnya. Demikian menurut studi dari Academy of General Dentistry seperti dikutip Times of India.

Studi melibatkan 139 relawan dewasa yang mengalami masalah radang gusi dan plak dari tingkat ringan sampai sedang. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur masing-masing dua kali sehari. Sementara kelompok satunya diminta untuk menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur palsu (plasebo) selama dua kali sehari. Mereka semua diamati selama enam bulan.

Hasilnya, relawan yang berkumur dengan obat kumur pembunuh kuman berkurang plaknya hingga 26,3 persen dibanding yang hanya bersikat gigi. Mereka juga ditemukan ada penurunan pada radang gusinya hingga 20,4 persen dibanding yag hanya bersikat gigi.

Peneliti melihat hal ini memang berbeda efektivitasnya. Ada hal yang tidak bisa dijangkau saat seseorang hanya mengandalkan bersikat gigi.

“Ini sederhana. Berkumur dapat mencapai hampir 100 persen dari permukaan mulut. Sementara menyikat hanya berfokus pada gigi, yang menjangkau hanya 25 persen dari mulut,” ujar Christine A. Charles, pemimpin studi.

Charles menambahkan, menyikat atau flossing secara teratur belum menjadikan rongga mulut bebas dari bakteri. Bahkan, mungkin masih ada bakteri yang tertinggal di dalam rongga mulut. Pada relawan yang hanya berkumur denga plasebo, hanya 30 persen saja yang mengalami penurunan plak dan radang gusi.

Berdasarkan studi ini, disarankan untuk menambahkan aktivitas berkumur memakai obat kumur antibakteri setelah menggosok gigi. Untuk menggosok gigi pun sebaiknya tidak dilakukan secara buru-buru.  Lakukan sikat gigi dan berkumur ini minimal dua kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda