Scroll to Top

Liga Champion: Seluruh Wakil Liga Spanyol Terancam Tak Lolos

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 21 Feb 2013

Liga Champion Seluruh Wakil Liga Spanyol Terancam Tak Lolos

Dalam beberapa tahun terakhir, wakil-wakil Liga Spanyol senantiasa menunjukkan kegarangan mereka di Liga Champion. Namun, tidak untuk tahun ini. Bahkan, La Liga terancam tak memiliki wakil di babak 8 besar nanti. Barcelona, Malaga, dan Valencia tumbang di leg pertama perdelapan final. Sementara, meski Real Madrid bermain imbang, nyatanya mereka meski memastikan tiket ke babak berikutnya di kandang Setan Merah Manchester United, Old Trafford.

Siapa yang tak gentar dengan wakil Spanyol? Barcelona adalah juara Liga Champion dua kali dalam empat musim terakhir. Real Madrid, pemegang gelar terbanyak, dalam dua musim belakangan, selalu nyaris menapakkan diri ke partai puncak. Hanya, mereka tumbang oleh Barca (musim 2010-11) dan Bayern Munchen (musim lalu). Tapi kini, keadaan serba lain.

Di antara empat wakil Spanyol di babak 16 besar, tekanan besar ada di kubu Barcelona dan Valencia. Untuk Los Che, mereka harus membalikkan ketertinggalan agregat 1-2 di markas PSG, Parc de Princes. Skor 2-3 untuk Pasukan Kelelawar akan membuat mereka unggul agresivitas gol tandang. Namun, mungkinkah hal ini terjadi atas Paris, tim yang memiliki sederetan pemain bintang dan sosok Don Carlo Ancelotti?

Keadaan Barca tak lebih baik. Mereka memang akan memainkan leg kedua di Camp Nou. Namun, agregat saat ini terlalu masif. Milan unggul 2-0. Artinya, kemenangan 3-1 sekalipun tidak akan menghasilkan apa-apa. Lionel Messi cs. butuh selisih tiga gol di kandang sendiri. Sesuatu yang seakan tidak mungkin terjadi. Meskipun, Barca pernah mengalami kejadian serupa lebih dari satu dasawarsa lalu, kalah 3-1 dari Chelsea di Stamford Bridge lalu menang 5-1 di Camp Nou.

Malaga, debutan di Liga Champions, tak bertenaga ketika ditekuk oleh Porto 1-0. Tim yang telah melewati AC Milan ini, harus menang dengan selisih dua gol di La Rosaleda. Cukup berat bagi klub Andalusia yang —meski memiliki sejumlah pemain mengilap– kurang berpengalaman di ajang termaut antar klub Eropa.

Harapan hadir untuk kubu Real Madrid? Belum tentu. Mereka akan menghadapi Manchester United di Old Trafford. Setan Merah cuma butuh hasil 0-0 untuk menyingkirkan juara Liga Spanyol. Hal yang cukup realistis.

Jadi, apakah 16 besar Liga Champions akan menjadi mimpi buruk Barcelona, Valencia, Malaga, dan Real Madrid?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda