Scroll to Top

Edward Gorey, Penulis dan Ilustrator Terkenal Amerika

By Naqib Najah / Published on Friday, 22 Feb 2013

Apakah Anda menyukai ilustrasi gambar-gambar menyeramkan? Tengkorak, kuku-kuku panjang, drakula, kelelawar dan lain-lainnya? Jika iya, barangkali termasuk di antara karya yang Anda amati adalah hasil goresan Edward Gorey, penulis yang juga berprofesi sebagai ilustrator.

Hari ini, Jumat (22/02/13) adalah hari ulang tahunnya. Ya, Edward Gorey lahir di Chicago, 22 Februari tahun 1925 dengan nama Edward St. John Gorey. Banyak orang mengenalnya sebagai seorang penulis, namun ia juga terkenal sebagai seorang ilustrator handal. Salah satu hasil goresan tangannya (sketsa) semakin dikenal di dunia pasca menggambar animasi misteri untuk stasiun televisi PBS pada tahun 1980. Beberapa tahun sebelumnya, ia juga sukses mendesain film Dracula yang diproduksi oleh Broadway pada tahun 1977. Karya indahnya sukses membawa Edward meraih Tony Award untuk Desain Kostum Terbaik.

Edward memang mempunyai kecenderungan untuk membuat karya-karya yang kadang terkesan mengerikan untuk ukuran anak-anak. Tengkorak, kelelawar, suasana dunia malam, sering menjadi unsur utama di balik sketsa Edward. Hal ini tidak kebetulan. Namun bisa jadi karena minatnya yang juga begitu tinggi pada Sastra Prancis, atau faktor background kehidupannya yang broken home.

Ketika Gorey menginjam 11 tahun, kedua orang tuanya bercerai. Namun saat Gorey dewasa, ia mempunyai ibu baru lantaran ayahnya, Edward Lee Gorey, memutuskan menikah dengan Corinna Mura.

Tahun 1944, Edward menyelesaikan sekolahnya di Francis W. Parker School. Ia lalu mendedikasikan masa mudanya untuk bergabung dengan angkatan darat di Ground DUgway, Utah. Karir Edward meningkat, ia dijadikan perwira hingga tahun 1946.

Pasca melaksanakan wajib militer, Edward tetap haus akan ilmu. Ia pun memutuskan untuk kembali menimba ilmu. Kali ini Universitas Harvard menjadi pilihannya. Edward memulai studinya pada tahun 1946 dan lulus pada tahun 1950. Ilmu Sastra Prancis menjadi fokus jurusannya. Edward pun banyak menghabiskan waktu dengan seorang penyair, Frank O’Hera. Edward belajar banyak dari pria satu ini.

Selepas lulus, Edward dan beberapa lulusan Harvard lainnya mendirikan Poets’ Theatre di Cambridge. Di antara pendiri tersebut adalah¬†Alison Lurie, John Ashbery, Donald Hall serta Frank O’Hara.Tiga tahun setelah kelulusan, Edward pindah ke New York. Ia memilih bekerja di Departemen Seni Doubleday Anchor hingga tahun 1960. Pekerjaan Edward masih seputar dunia desain. Ia menjadi ilustrator dari buku-buku yang akan diterbitkan.

Jika Anda pernah membaca atau melihat cover salah satu buku TS Eliot, maka berterima kasihlah kepada Edward. Sebab selama bekerja di perusahaan tersebut, Edward telah mendesain sampul buku-buku laris seperti Dracula karya Bram Stoker, The War of the Worlds karya HG Wells dan Old Possum’s Book of Practical Cats karya TS Eliot. Karir Edward kemudian meloncat ke perusahaan Bellairs Yohanes. Di sini ia mulai mendesain sampul buku-buku anak.

Edward Gorey menghembuskan napas terakhir pada 15 April 2000. Happy birthday, Uncle!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda