Scroll to Top

ZTE Siapkan Superphone Pertama Bertenaga Tegra 4

By Ditya / Published on Friday, 22 Feb 2013

ZTE P897A10

ZTE tampaknya akan menjadi produsen ponsel pertama yang menggunakan chipset Nvidia Tegra 4. Produsen ponsel asal negeri Tirai Bambu ini dikabarkan menggandeng Nvidia untuk menyiapkan sebuah superphone yang ditenagai oleh chipset Tegra 4.

Nvidia sendiri baru saja meluncurkan versi murah dari Tegra 4, yakni Tegra 4i yang diplot untuk menggantikan posisi Tegra 3 di pasaran. Sementara Tegra 4 akan membidika pasar smartphone kelas atas atau superphone dan tablet.

ZTE memilih Tegra 4 sebagai dapur pacu superphone besutannya karena kesuksesan smartphone ZTE Grand Era yang dijual dengan harga USD $160 yang ditenagai oleh chipset Nvidia Tegra 3. Produsen asal China ini tampaknya ingin mengulangi kesuksesan tersebut melalui chipset Tegra 4.

Nvidia Tegra 4 ini terdiri dari 4+1 core prosesor ARM Cortex-A15 dengan kecepatan yang belum diketahui. Meski mengsusung pola yang sama dengan Tegra 3, kemampuan Tegra 4 ini jauh lebih perkasa berkat penggunaan arsitektur ARM Cortex-A15 terbaru seperti yang digunakan pada tablet Nexus 10.

Sebagai produsen grafis terkemuka, Nvidia tak tanggung-tanggung membekali grafis Tegra 4. Grafis GeForce ULP yang digunakan Tegra 4 memiliki 72 CUDA core, meningkat 6 kali lipat dari Tegra 3 yang hanya dibekali 12 core grafis. Performa grafis yang dihasilkan Tegra 4 tentu akan meningkat signifikan.

ZTE juga dikabarkan akan menghadirkan berbagai peningkatan di sektor kamera dengan hadirnya fitur HDR (High Dynamic Range) yang kini mulai banyak disematkan sebagai fitur standar smartphone kelas atas. HDR sendiri berfungsi untuk mengatur pencahayaan, sehingga bagian gelap dan terang dalam sebuah foto dan video akan lebih jelas perbedaannya.

Tak hanya itu, superphone besutan ZTE ini kabarnya juga akan dibekali dukungan 4G LTE (Long Term Evolution) dengan hadirnya modem LTE i500 on board. Meski demikian, tak banyak orang mengharapkan LTE karena memang masih sedikit negara yang menerapkan LTE.

Seperti yang dilansir dari Fudzilla (20/02/2013), superphone Tegra 4 besutan ZTE ini kabarnya akan tampil di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 yang dilaksanakan 25 Februari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda