Scroll to Top

Ubuntu OS Smartphone Dirilis untuk Pengembang

By Ditya / Published on Friday, 22 Feb 2013

Ubuntu OS Smartphone

Canonical akhirnya merilis sistem operasi Ubuntu smartphone untuk pengembang dengan nama Ubuntu Touch Developer Preview yang ditujukan pada para pengembang aplikasi dan kalangan ethusiast. Sistem operasi Ubuntu untuk smartphone ini resmi dirilis untuk para pengembang kemarin, 21 Februari 2013.

Sebelumnya, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Shuttleworth ini telah memamerkan Ubuntu OS untuk smartphone di ajang CES 2013 lalu dan menjanjikan rilis untuk para pengembang aplikasi pada 21 Februari 2013.

Meski telah dirilis untuk pengembang, Canonical tidak menghadirkan smartphone Ubuntu besutan sendiri, melainkan memanfaat jajaran produk Nexus. Sehingga pemiliki perangkat Nexus dapat menjajal performa sistem operasi Ubuntu OS untuk smartphone ini.

Canonical telah merilis Ubuntu OS smartphone dan tablet yang kompatibel dengan jajaran smartphone dan tablet Nexus. Ubuntu OS untuk smartphone dan tablet ini dirilis dengan nama sandi sesuai dengan perangkat yang dituju, sebut saja Maguro untuk Galaxy Nexus, Mako untuk Nexus 4, Grouper untuk Nexus 7, dan Manta untuk Nexus 10.

Bagi Anda yang berminat untuk mencoba Ubuntu OS untuk smartphone dan tablet ini harus melakukan proses flashing pada perangkat yang kompatibel. Canonical telah memberikan tutorial untuk melakukan instalasi Ubuntu OS ini dan pengguna dapat dengan mudah melakukan instalasi sistem operasi Ubuntu di perangkat Nexus miliknya.

Ubuntu OS untuk smartphone dan tablet ini telah membawa sejumlah fitur dasar, antara lain :

  • Shell dan inti aplikasi.
  • Koneksi ke jaringan GSM untuk Galaxy Nexus dan Nexus 4.
  • Fasilitas panggilan dan SMS untuk Galaxy Nexus dan Nexus 4.
  • Jaringan menggunakan WiFi.
  • Menjalankan fungsi kamera depan dan belakang.
  • Akses perangkat melalui Android Developer Bridge tool (ADB).

Seperti yang dilansir dari Softpedia (21/02/2013), Canonical juga telah memperingatkan bahwa Ubuntu OS untuk smartphone dan tablet saat ini masih belum sempurna, sehingga sistem operasi kadang mengalami crash dan belum dioptimalkannya penggunaan memori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda