Scroll to Top

Timnas Indonesia Versi BTN Siap Hadapi Arab Saudi

By Aditya / Published on Friday, 22 Feb 2013

Luis Manuel Blanco Timnas Indonesia PSSI

Meskipun belum jelas siapa saja pemain yang akan bergabung, namun Timnas Indonesia versi Badan Tim Nasional (BTN) yang dibentuk oleh kubu Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti menyatakan siap untuk menghadapi laga berat saat menjamu Arab Saudi dalam laga kedua Pra Piala Asia 2015 yang akan digelar pada 23 Maret 2013 mendatang.

Timnas Indonesia bentukan BTN menempatkan Luis Manuel Blanco sebagai pelatih kepala. Sedangkan di sisi lain, Timnas Indonesia yang turun saat melawan Irak di laga perdana Pra Piala Asia 2015 beberapa waktu lalu masih dibesut oleh pelatih Nil Maizar.

Luis Manuel Blanco pun mengumbar strategi yang akan diterapkannya untuk menghadapi Arab Saudi nanti. Yang pertama, kata pelatih asal Argentna itu, Indonesia harus bermain dengan bola-bola pendek yang dialirkan cepat dari kaki ke kaki. Cara seperti ini harus diterapkan mengingat postur tubuh pemain Indonesia yang rata-rata tidak begitu tinggi.

“Tentunya dengan menerapkan bola-bola pendek, tidak berlama-lama dengan bola dan menyerang,” beber Luis Manuel Blanco.

Pelatih yang disebut-sebut sebagai pelatih ”pesanan” ini juga akan menyiapkan latihan fisik khusus untuk mendongkrak kecepatan para pemain Timnas Indonesia. Bermain cepat adalah kekuatan utama dari Indonesia. Apalagi, timnas punya para pelari cepat seperti Andik Vermansyah, Okto Maniani, Hendra Bayauw, Titus Bonai, dan lain-lain.

”Tentunya harus kita siapkan fisik mereka supaya bisa berlari cepat dan kuat,” ujar Luis Manuel Blanco.

Bahkan, Luis Manuel Blanco juga mengisyaratkan tidak akan bermain bertahan menghadapi tim kuat seperti Arab Saudi. Sang pelatih bakal menerapkan permainan menyerang kendati musuh yang dihadapi di atas kertas jauh lebih kuat.

“Permainan menyerang sangat cocok untuk sepakbola Indonesia dan tentunya pemain harus ditanamkan mental juara,” tandas Luis Manuel Blanco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda