Scroll to Top

Menyelam Ekstrim di Area Gunung Banua Wuhu

By Ilham Choirul / Published on Friday, 22 Feb 2013

Banua Wuhu

Kalau ingin menikmati gunung bawah air selain di Gunung Krakatau, Anda bisa mengunjungi Gunung Banua Wuhu di Pulau Mahengetang. Gunung ini terletak di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Sangat mudah menjangkaunya dari bibir pantai. Pasalnya, jaraknya hanya 300 meter. Gunung berapi tersebut memiliki pesona bawah laut yang cukup indah untuk dijelajahi.

Gunung yang masih aktif ini, pada bagian di bawah airnya menjadi tempat hidup biota laut. Anda bisa mendapati banyak koloni terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup berdampingan. Keindahan kehidupan bawah laut ini bisa Anda temui setelah menyelam mulai kedalaman 10-20 meter.

Namun, perlu hati-hati. Sebab, ada beberapa sisi yang cukup berbahaya untuk diselami. Beberapa titik bebatuan mengeluarkan gelembung panas panas yang menandakan gunung perairan dangkal ini masih aktif. Gelembung ini mesti dihindari agar tidak terkena tubuh. Kalau sampai kena, bisa mengakibatkan luka bakar. Sementara suhu air di situ berkisar 37 sampai 38 derajat Celcius.

Gunung Banua Wuhu diketahui pernah meletus dengan kekuatan besar pada tahun 1919. Meski begitu, gunung ini termasuk gunung berapi yang jarang meletus kuat. Letusan gunung di masa lalu diperkirakan menyemburkan bebatuan vulkanik yang saat ini menghiasi Pulau Mahengetang.

Bagi Anda penggemar diving, kawasan Gunung Banua Wuhu bisa dijadikan alternatif penyelaman dengan kategori ekstrim. Kewaspadaan Anda dituntut ekstra selama di dalam air untuk sigap dengan panasnya air dan gelembung udara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda