Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Real Sociedad 1-3: Hasil Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 23 Feb 2013

Athletic Bilbao vs Real Sociedad 1-3

Real Sociedad berhasil memenangi derby Basque dengan Athletic Bilbao untuk menyodok ke peringkat kelima klasemen sementara Liga Spanyol pekan ke-25. Tampil di San Mames pada Sabtu, 23 Februari 2013, La Real menggenggam hasil pertandingan Athletic Bilbao vs Real Sociedad skor 1-3. Athletic ungul terlebih dahulu melalui Ibai. Namun, skor Bilbao vs Sociedad berubah ketika Antoine Griezmann, Imanol Agirretxe, dan Carlos Vela bergantian menjebol gawang tuan rumah. Hasil Liga Spanyol ini membuat Sociedad terus mengintip zona Liga Champion, sedangkan Athletic terus terjerembab di papan tengah.

Ketika Anda banyak membuang kesempatan, Anda sedang menggiring diri sendiri pada kekalahan. Demikian yang menjadi gambaran awal laga Athletic vs Sociedad. Tuan rumah, yang dalam tiga pertandingan terakhir selalu keok, membuyarkan empat peluang emas sebelum akhirnya bisa membobol gawang Claudio Bravo setelah laga berjalan setengah jam.

Awalnya, San Mames begitu bersahabat. Menit tersebut, Jon Aurtenetxe mengirimkan umpan silang indah yang disambut dengan tembakan kencang Ibai di kotak penalti.

Pendukung Athletic mungkin merasa kemenangan akan berpihak pada mereka. Seperti yang terjadi dalam tujuh dari delapan derby terakhir di San Mames (satu laga lain berlangsung imbang). Tapi, Sociedad yang musim ini lain dari biasanya, cuma butuh empat menit untuk menjebol gawang Raul Fernandez.

Caranya sedikit mirip dengan gol Ibai. Bedanya, umpan silang yang dikirimkan Gonzalo Castro mengarah ke dekat gawang, dan Antoine Griezmann melepaskan tandukan yang melesak di sudut jauh gawang. Skor 1-1, dan laga kembali dimulai dari nol.

Babak kedua, ketika skor masih ketat 1-1, Marcelo Bielsa menarik Aurtenetxe untuk memberi pemain yang lebih agresif, Iker Muniain. Namun, lini belakang Athletic malah terekspos. Hasilnya adalah dua gol dalam jarak enam menit yang mengakhiri perlawanan Rojiblancos.

Gol kedua La Real, hadir di menit 67. Blunder Raul penyebabnya. Upayanya membendung tandukan pemain Sociedad gagal. Bola yang demikian mudah, malah lepas dari tangan. Dan, Imanol Agirretxe membutuhkan dua tembakan jarak dekat untuk membalikkan keadaan.

Gol berikutnya, hadir dari pengganti Agirretxe, Carlos Vela. Pria Meksiko  menyambut umpan Daivd Zurutuza untuk membuat Athletic lemas. Pupus sudah catatan apik Bilbao kala menjamu tamunya di San Mames sejak musim 2001-2002. Adalah hal unik, kala mengetahui bahwa kekalahan terakhir Athletic dari Sociedad di San Mames di liga domestik, terjadi hampir dua belas tahun lalu, dengan skor serupa: 1-3. Deja vu, yang mengantar La Real terus mengintip zona Liga Champions.

ATHLETIC: Raúl, Iraola, Aurtenetxe (Muniain ’63), Laporte, San José, Iturraspe, Ander, De Marcos, Ibai, Susaeta Aduriz (Llorente ’73).

REAL SOCIEDAD: Bravo, Carlos Martínez, De la Bella, Iñigo Martínez, González, Bergara, Illarramendi (Rubén Pardo ’87), Griezman, Xabi Prieto, Castro (Zurutuza ’75) Agirretxe (Vela ’67).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda