Scroll to Top

PHP Versi 5.3.8 Dirilis!

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 25 Aug 2011

Setelah hampir mengalami pengujian selama kurang lebih satu bulan, akhirnya PHP versi 5.3.7 dirilis pekan kemarin. Dikabarkan beberapa hari setelah edisi PHP paling baru ini dikeluarkan terdapat sekitar 60 bugs dan saat ini kabarnya sudah diperbaiki.

Versi software terbaru memang adakalanya belum sempurna. Walaupun permaslahan yang timbul sudah terselesaikan, kini timbul satu bugs lagi yang dikenal dengan nama ‘crypto flaw’. Crypto flaw ini memunculkan satu pesan yang tidak pernah ditemui oleh tim perakit sebelumnya dimana isu mengharuskan pengguna harus menunggu hingga versi PHP 5.3.8 muncul.

“Disebabkan karena isu 5.3.7 (Anda bisa melihatnya di bug#55439) pengguna diharuskan menunggu hingga proses upgrade ke versi 5.3.8 dirilis,” demikian keteranagan yang muncul akibat bug crypto flaw.

Bagaimanapun juga pesan diatas muncul beberapa hari sebelum versi PHP paling gres resmi diluncurkan. Kini secara resmi PHP 5.3.8 dirilis dan bug crypto flaw dalam masa penaggulangan.

Ada satu hal yang bisa dipetik dari kejadian ini setidaknya menurut para penciptanya, baik dari segi pengguna PHP maupun untuk software baru yang bermunculan di media internet. Bagi developer perlu diingat bahwa hal apa saja yang ada dipikiran Anda mengenai software baru yang telah dikeluarkan, tentu saja tak akan pernah keluar secara sempurna. Ini artinya software harus selalu melewati masa percobaan hingga versi stabilnya secara umum tersedia.

Pesan untuk pengguna adalah, jika Anda termasuk orang yang tidak mau mengambil resiko maka disarankan menunggu beberapa hari setelah jadwal rilis terungkap. Dengan demikian maka dapat menghindari Anda dari segala sesuatu yang bisa membuat kerugian bagi Anda.

Tapi bagi orang yang berani dan berkomitmen untuk mendapatkan keamanan yang jauh lebih baik dengan cara mengupgrade versi yang terbaru maka resiko itu tidaklah cukup besar untuk dapat menghalangi mendapatkan hal ini.

Tapi biasanya sikap waspada jugaperlu di cermati. Bugs umumnya akan muncul dan meningkat beberapa jam setelah versi baru diluncurkan. Jadi saya rasa resiko masih ditanggung Anda ya mau upgrade atau menunggu versi yang lebih stabil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda