Scroll to Top

BlackBerry Z10: Penjualan Rendah, Belum Sesuai Harapan

By Ditya / Published on Saturday, 23 Feb 2013
BlackBerry Z10
BlackBerry Z10

Penjualan BlackBerry Z10 sebagai smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 ini dikabarkan masih rendah dan belum sesuai harapan. Penjualan smartphone terbaru besutan perusahaan yang dahulu bernama RIM ini lebih rendah dari yang diperkirakan.

Analis Cannacord Genuity dan Pasific Crest menurunkan perkiraan penjualan smartphone flagship BlackBerry tersebut dari perkiraan awal yang mencapai diatas 1,75 juta unit turun menjadi sekitar 300.000 unit. Pasific Crest sendiri awalnya yakin bahwa BlackBerry Z10 akan terjual antara 3 hingga 4 juta unit pada akhir tahun fiskal, tapi kemudian diturunkan menjadi 1 hingga 1,5 juta unit.

Pasific Crest juga mengatakan bahwa kehadiran BlackBerry Z10 ini cenderung ‘memakan’ pasar BlackBerry 9900 Dakota yang merupakan flagship BlackBerry sebelumnya dan tak mengganggu pasar smartphone Apple iOS dan Android.

Jebloknya penjualan smartphone BlackBerry Z10 ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya belum meratanya peluncuran BlackBerry Z10 di pasar global. Bahkan, BlackBerry Z10 sampai saat ini belum meluncur di Indonesia dan Amerika Serikat.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (22/02/2013), hal yang berbeda diungkapkan oleh CEO BlackBerry, Thorsten Heins, yang mengatakan bahwa BlackBerry Z10 laku keras di Inggris dan membuat beberapa toko kehabisan stok. Namun, beberapa toko ritel di Inggris membantah hal tersebut.

Bulan Maret mendatang, smartphone BlackBerry Z10 akan meluncur di pasar Amerika Serikat dan mungkin juga Indonesia. Peluncuran BlackBerry Z10 di negara AS dan Indonesia ini diharapkan mampu menutup kerugian yang dialami oleh BlackBerry.

Anehnya, BlackBerry tidak memilih Indonesia sebagai negara pertama untuk peluncuran BlackBerry Z10, padahal di Tanah Air ini banyak penggemar BlackBerry menunggu kehadiran BlackBerry Z10.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah hadirnya BlackBerry Z10 BM atau Black Market di pasar Tanah Air dan dijual dengan harga antara 11 juta hingga 16 juta, jauh diatas harga normalnya yang diperkirakan 6 hingga 7 juta. Uniknya, meski dijual dengan harga sangat mahal, BlackBerry Z10 tetap laris di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda