Share

Piala Dunia 2014

Melihat Timnas Indonesia lolos dan berlaga di Piala Dunia? Memang agak sulit di level senior. Namun hal itu bisa saja terjadi, jika sasarannya pada level Timnas di bawah usia 20 tahun.

Apalagi Indonesia kini memiliki talenta-talenta muda yang cukup baik di jenjang usia ini. Terutama Timnas Indonesia U-19 yang sukses meraih gelar pada turnamen HKJC, di Po Kong Village Road Park Hong Kong untuk kedua kali.

Ketika dimintai komentarnya tantang peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia U-20, Indra Sjafri masih memiliki harapan tersebut.

Pelatih yang telah beberapa tahun menukangi Garuda Muda ini, mengerti benar tentang kualitas para pemainnya.

Dirinya pun berharap Timnas Indonesia U-19 bisa meraih target untuk ikut serta di Piala Dunia U-20, pada 2015 mendatang di Selandia Baru.

“Ya target jangka panjangnya memang untuk lolos ke Piala Dunia U-20” ungkap Indra Sjafri, Jumat (22/2/13).

Meski demikian, Indra mengingatkan akan ada serangkaian panjang turnamen yang harus terlebih dahulu dijalani dengan baik untuk mendapatkan tiket keikutsertaan di Piala Dunia U-20.

Semisal pada September 2013 mendatang, Timnas Garuda Muda akan berlaga di Piala AFF U-19 di Timor Leste.

“Itu kan Piala AFF biasanya memang menjadi turnamen pemanasan menjelang babak kualifikasi Piala AFC U-19” jelas Indra.

Sedangkan untuk kualifikasi Piala AFC U-19 menurut Indra, Indonesia akan berhadapan dengan beberapa negara seperti Australia, Jepang dan Thailand.

“Event pentingnya memang di bulan November nanti, yaitu kualifikasi Piala AFC U-19. Kalau bisa mendapat peringkat kedua saja di grup, Indonesia akan masuk putaran final” ungkap Indra.

“Di putaran final nanti dari 16 tim. Kalau bisa jadi semifinalis atau masuk empat besar, kita akan mendapat tiket ke Piala Dunia U-20. Itu tujuannya” tambahnya.

Untuk mendukung rencananya ini Indra mengharapkan selepas melakukan tur wilayah barat pada awal Mei 2013 nanti, Timnas Indonesia U-19 akan menjalani pemusatan latihan nasional.

Selain itu Indra juga menyatakan, dirinya sudah mengantongi beberapa bakat tambahan yang didapatkan dari kompetisi Piala Suratin.