Scroll to Top

Radang Selaput Otak Bisa Disembuhkan

By C Novita / Published on Saturday, 23 Feb 2013

radang selaput otak

Setelah kabar bahwa penyanyi cantik Ashanty menderita penyakit radang selaput otak, informasi mengenai penyakit yang cukup mengerikan ini banyak dicari. Masyarakat ingin tahu mengenai penyakit yang menyerang selaput otak ini, dan bagaimana cara penyembuhannya.

Prof. Dr. Dr Hasan Machfoed, seorang ahli syaraf, mengatakan bahwa penyakit radang selaput otak ini dapat disembuhkan asal sesegera mungkin mendapat pengobatan yang tepat.

Radang selaput otak atau dikenal juga sebagai meningitis adalah radang yang terjadi pada selaput yang melingkupi otak dan sumsum tulang belakang. Penyebabnya adalah bakteri, atau bisa juga virus.

Seperti diterbitkan oleh health.liputan6, Profesor yang juga menjadi Guru Besar FK Unair itu menjelaskan syarat kesembuhan yang dapat dicapai oleh pasien.

Pertama, pasien harus segera diterapi. Syarat berikutnya, diagnosa dokter harus benar mengenai kuman penyebab radang tersebut. Kemudian yang terakhir, pengobatan yang diberikan pun harus tepat.

Pasien biasanya akan diberikan sejenis antibiotik untuk melawan kuman yang menginfeksi. Karena itu diagnosa tentang jenis kuman harus tepat agar pengobatannya efektif dan benar.

‚ÄúPengobatan yang efektif itu dua minggu. Misalnya saja tanggal 1 kena sampai tanggal 5 gejala-gejala muncul seperti panas, kejang, ngomong sering ngaco karena pikiran kacau. Sampai setengah bulan dia diobati (antibiotik),” terang sang Profesor seperti dikutip dari health.liputan6.

Apabila gejala penyembuhan tak terlihat, dan nampak pasien malah menjadi lumpuh, pikirannya tak normal, maka radang selaput otak yang dideritanya mungkin sudah sulit disembuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda