Scroll to Top

Anak Bahagia, Miliki Jantung Sehat Saat Dewasa

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 23 Feb 2013

happy child

Kalau Anda sudah memiliki buah hati saat ini, pastikan anak Anda sebisa mungkin dalam keadaan hati gembira. Pasalnya, menurut studi dari Dartmouth University, kondisi psikologis anak yang selalu bahagia dimungkinkan untuk memiliki kesehatan jantung yang lebih baik saat beranjak dewasa. Demikian kabar yang dikutip dari Huffingtont Post.

Studi yang dimuat pada jurnal Circulation ini memperoleh kesimpulannya setelah meneliti masa kecil dari 415 orang dewasa yang berusia rata-rata 42 tahun. Peneliti mencoba menggali masa lalu para relawan saat berusia sekitar tujuh tahun. Ada tiga poin yang diamati, yaitu: kemampuan konsentrasi, lingkungan rumah yang kondusif, dan kemampuan kognitif. Selanjutnya, peneliti mencoba mencari kaitan masa kecil tersebut dengan keadaan kesehatan jantu relawan setelah 35 tahun kemudian.

Hasilnya, para relawan yang pada masa kecilnya lebih dominan mendapatkan kebahagiaan, memiliki kemungkinan enam kali mendapatkan jantung yang lebih sehat saat dewasa. Sehingga, anak-anak semestinya memang harus berada pada situasi yang sesuai umurnya, yaitu bahagia dan beraktivitas secara menyenangkan.

“Faktor positif anak yang psikososial dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular yang sehat saat dewasa. Upaya pencegahan primordial yang bertujuan untuk mencegah peningkatan risiko kardiovaskular harus mempertimbangkan pembangunan sumber daya anak yang psikososial,” tulis peneliti.

Pada studi lain yang dilakukan Cambridge University, kondisi remaja yang bahagia dikaitkan dengan meningkatnya kemampuan otak. Pengamatan terhadap remaja 13-15 tahun yang memiliki jiwa bahagia ditemukan, mereka memiliki energi, kegembiraan, dan persahabatan yang lebih baik. Mereka lebih merasa sejahtera saat dewasa. Studi ini dimuat dalam Journal of Positive Psychology.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda