Share

Berapa pun usia Anda, minum susu membawa kebaikan bagia kesehatan. Hanya saja, secara fungsi pasti beda manfaat susu bagi anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak membutuhkan manfaat susu untuk menunjang pertumbuhan, menguatkan otot, tulang, dan gigi. Juga, susu berguna dalam memperbaiki fungsi normal otak dan sistem saraf. Proses pembentukan darah turut terbantu melalui kandungan vitamin B12 yang dimiliki susu.

Kalau buat orang dewasa atau usia produktif, susu bermanfaat dalam pencegahan penyakit. Osteoporosis, kanker usus besar, risiko PMS dan migren, serta kegemukan bisa dicegah. Tulang juga ikut menjadi kokoh.

Bahkan, orang tua pun bisa merasakan manfaat susu. Saat lanjut usia, susu memberikan asupan kalsium dan vitamin D untuk mengurangi risiko patah tulang, jatuh, dan osteoporosis. Protein pada susu bisa mencegah kehilangan massa otot.

“Susu juga membantu terapi kanker payudara, membantu kontraksi otot, pembekuan darah, kontrol tekanan darah, menjaga fungsi dinding sel tubuh (kandungan kalsium), mempertahankan kesehatan dan status gizi (kandungan protein, vitamin dan mineral),” tutur, Dr.dr. Saptawati Bardosono Msc , seorang ahli gizi