Scroll to Top

Tips Menjaga Diri dari Serangan Flu

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 24 Feb 2013

flu

Musim hujan adalah saat banyak penyakit musiman datang. Paling sering mewabah adalah flu. Udara yang dingin acapkali membuat kondisi tubuh melemah dan memudahkan bagi virus flu untuk menginfeksi tubuh. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, berikut ini tips dari Genius Beauty untuk berjaga-jaga menghadapi serangan influenza:

  1. Konsumsi vitamin D dengan cukup. Vitamin ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mendongkrak fungsi tubuh pada tingkat optimal. Saat musim hujan, sumber vitamin D dari sinar matahari mungkin menjadi jarang bisa didapat karena mendung. Oleh karena itu, cukupi vitamin D ini dari makanan atau suplemen. Idealnya, setiap hari mendapatkan asupan vitamin D 50-80 ng/ml.
  2. Konsumsi probiotik secara teratur. Saat ini cukup banyak minuman probiotik yang dipasarkan. Minuman yang berisi bakteri baik itu, mendukung sistem kekebalan tubuh dari dalam usus. Sebagai informasi, 70 persen sistem kekebalan tubuh disokong dari sehatnya usus. Termasuk dalam produk probiotik ini adalah yoghurt atau suplemen probiotik.
  3. Konsumsi makanan yang menguatkan kekebalan tubuh. Anda bisa lebih sering makan sup sayuran, salad, buah-buahan , dan sebagainya. Sayuran yang bisa untuk mengusir penyebab flu yaitu sayuran yang berwarna hijau dan gelap.Sebaliknya, kurang makanan yang banyak mengandung gula, gluten, dan makanan olahan.
  4. Konsumsi herbal atau makanan yang bersifat antivirus. Contohnya adalah ektrak daun zaitun, ekstrak biji anggur, bawang putih, ekstrak elderberry, dan sebagainya.
  5. Usahakan untuk selalu cukup tidur. Tidur adalah benteng untuk melawan banyak penyakit, sekaligus bersifat menyembuhkan. Tidur membantu tubuh untuk memperbaiki fungsinya. Selain tidur malam, tidak ada salahnya menyempatkan tidur siang selama 20 menit.
  6. Aktif secara fisik. Tubuh yang aktif tidak melulu harus berolahraga. Apapun kegiatan yang menuntut tubuh Anda bergerak, bisa membuat tubuh lebih sehat. Misalnya, Anda berangkat ke pasar atau bekerja dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Bisa pula, Anda mencuci bagi dengan mengucek sendiri daripada memakai mesin cuci. Intiny, tubuh Anda lebih sering bergerak.
  7. Hindari memakai sabun antibakteri. Sabun ini dipenuhi bahan kimia yang justru meningkatkan risiko kemunculan bakteri di kulit. Sabun bakteri juga kerap mengeringkan kulit, membuatnya retak, dan mengelupaskannya. Ini adalah kondisi yang cukup memungkinkan bagi virus untuk masuk ke dalam tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda