Scroll to Top

3 Cara Memilih Ikan Segar

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 24 Feb 2013

ikan segar

Makan ikan sangat menyehatkan. Kandungan gizinya banyak diakui bisa menjadi salah satu pendorong kecerdasan bagi anak di masa pertumbuhan. Namun, bagi yang tinggal di perkotaan yang jauh dari laut atau pusat peternakan ikan, mendapatkan ikan segar perlu pilah-pilih. Sebab, kemungkinan mendapatkan ikan yang sudah tidak segar lebih besar karena panjangnya proses distribusi.

Bagi Anda yang sangat peduli dengan kesegaran ikan saat akan memasaknya, ada beberapa pedoman yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan ikan yang diharapkan. Dikutip dari Plasa MSN, berikut ini tips yang bisa diterapkan untuk memilih ikan segar:

  1. Amati bagian belakang insang. Temukan bagian seperti urat di situ. Setelah itu, pencet bagian urat tersebut hingga mengeluarkan darah. Jika warna darah masih segar, maka ikan tersebut masih baru. Waspadai jika warna merahnya seperti pewarna. Sebaiknya tidak memilih ikan dengan warna darah yang mencurigakan.
  2. Amati bola mata ikan. Mata ikan yang masih segar memiliki tampilan yang bening. Ikan yang sudah mati dalam semalam, biasanya menunjukkan bola mata yang pucat.
  3. Cara selanjutnya adalah melakukan penekanan pada tubuh ikan. Ikan yang masih segar masih memiliki kekenyalan pada tubuhnya. Jika Anda menekan tubuhnya, maka seketika juga bentuknya akan kembali seperti semula saat dilepaskan. Ikan yang sudah tidak segar, tubuhnya menjadi lembek atau agak lama kembali ke bentuk semula saat ditekan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda