Scroll to Top

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini, Mana yang Lebih Unggul?

By Ditya / Published on Sunday, 24 Feb 2013

Galnnote 8 iPad Mini

Kehadiran Samsung Galaxy Note 8.0 ini diperkirakan akan menjadi pesaing kuat Apple iPad Mini, karena memiliki ukuran layar yang sama. Samsung juga diperkirakan akan menjual tablet Galaxy Note 8.0 ini dengan harga yang tak jauh dari iPad Mini.

Lalu, siapakah yang lebih unggul? Samsung Galaxy Note 8.0 atau iPad Mini? Berikut ulasan berdasarkan spesifikasi perangkat keras, sistem operasi dan fitur yang diusungnya.

Layar

Samsung Galaxy Note 8.0 ini dibekali dengan layar berukuran 8 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel berteknologi PLS. Samsung membekali Galaxy Note 8.0 dengan Reading Mode yang menyesuaikan kalibrasi warna agar mata tak cepat lelah saat membaca menggunakan tablet.

Layar iPad Mini ini lebih inferior dibandingkan Galaxy Note 8.0. Apple membekali iPad Mini dengan layar berukuran 7,9 inci dengan resolusi hanya 1024 x 768 piksel, jelas kerapatan piksel layar iPad Mini lebih rendah dibanding Galaxy Note 8.0.

Spesifikasi Perangkat Keras

Samsung membekali Galaxy Note 8.0 ini dengan spesifikasi yang cukup tinggi, yakni ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 4412 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A9 dengan kecepatan 1,6GHz yang dipadukan dengan memori sebesar 2GB dan grafis dari Mali 400MP4.

Apple membekali tablet iPad Mini dengan spesifikasi yang sama dengan iPad 2, yakni ditenagai oleh prosesor Apple A5 dual-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB serta didukung dengan grafis dari PowerVR SGX543MP2.

galnotpad

Fitur Lain

Galaxy Note 8.0 datang dengan dua kamera, yakni kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel dan kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel. Samsung juga membekali Galaxy Note 8.0 ini dengan fitur Smart Stay dan tentu saja fitur stylus S Pen sebagai ciri khas keluarga Galaxy Note.

Apple membekali iPad Mini dengan spesifikasi yang tak jauh beda dengan Galaxy Note 8.0, yakni kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel dan kamera depan dengan resolusi 1,2 megapiksel.

Perangkat Lunak

Samsung menggunakan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean yang dikemas dengan antarmuka TouchWiz UX khas besutan produsen asal Korea Selatan ini. Samsung juga menghadirkan perangkat lunak untuk mendukung kemampuan aksesoris stylus S Pen.

Apple iPad Mini menggunakan sistem operasi iOS 6. Harus diakui jika sistem operasi iOS ini adalah sistem operasi yang intuitif dan user friendly. Apple juga mempromosikan ketersediaan sekitar 300.000 aplikasi yang telah dioptimalkan untuk tablet di iTunes App Store.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Note 8.0 memiliki kelebihan pada fitur yang cukup lengkap dan spesifikasi layar dan dapur pacu yang lebih bertenaga ketimbang Apple iPad Mini. Sedangkan iPad Mini datang dengan desain yang elegan dan antarmuka sistem operasi yang user-friendly.

Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui harga resmi dari tablet Galaxy Note 8.0. Jika harga yang ditawarkan Galaxy Note 8.0 ini tak jauh beda dengan Apple iPad Mini, jelas tablet besutan Samsung ini bisa menjadi pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda