Scroll to Top

Tips Akrab dengan Mertua

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 24 Feb 2013

akrab dengan mertua

Anda dan mertua mungkin tidak tinggal saling berdekatan. Meski begitu Anda tetap memiliki kewajiban untuk membina hubungan baik dengannya. Dikutip dari Times of India, ada beberapa tips agar Anda semakin akrab dengan mertua sekalipun jarang bertemu:

  1. Membawa hadiah saat mengunjunginya. Memberi hadiah adalah salah satu cara untuk mendapatkan perhatian positif. Kepada siapa pun itu, hati seseorang bisa dilunakkan dengan cara ini. Membelikan hadiah buat mertua menjadi salah satu bukti penghargaan dan tanda cinta Anda kepadanya.
  2. Mengenakan pakaian sopan. Jangan samakan pakaian kasual yang Anda pakai sehari-hari dengan yang Anda kenakan ketika bertemu mertua. Pakailah busana sopan dan tidak ketat, agar mertua tidak berburuk sangka dengan penampilan Anda. Busana yang baik memberikan kesan yang positif.
  3. Tidak perlu marah saat harus mengalah. Kadang mertua tidak mau mengalah terhadap suatu hal. Mungkin bagi Anda menyebalkan. Tapi, usahakan mencari jalan tengah bersama yang sama-sama membuat Anda dan mertua ikhlas. Terlalu ngotot berdebat dengan mertua bisa menimbulkan kesenjangan antara Anda dan mertua.
  4. Tunjukkan sikap yang sopan. Usahakan Anda mengetahui semua etika yang berlaku di keluarga pasangan. Dengan menguasainya, Anda bisa mengetahui mana saja yang dianggap sopan dan mana yang tidak. Kadang adat tiap daerah dan keluarga saling berbeda.
  5. Seringlah mengajak mertua berkomunikasi. Meskipun Anda sudah memiliki dunia sendiri dengan pasangan Anda, jangan lupa untuk mengajak mertua And mengobrol walau lewat telepon. Dia akan lebih merasa nyaman dengan Anda.
  6. Jika Anda ada masalah, jangan sungkan untuk meminta pendapatnya. Bagaimana pun juga, mertua adalah orang tua kedua Anda. Saat Anda bertanya dan berkonsultasi tentang suatu masalah, itu bisa mendekatkan Anda pada mertua seperti halnya seorang ibu menasihati anaknya sendiri.
  7. Melakukan kegiatan bersama. Sesekali lakukan kegiatan apa pun yang melibatkan Anda dan mertua. Misalnya, Anda dan pasangan bertamasya dengan mengajak mertua. Atau, Anda paling awal dalam membantu mertua saat di rumahnya sedang diadakan suatu acara.
  8. Batasi membahas sesuatu terkait pasangan Anda bersama mertua. Sebab, bisa jadi yang Anda katakan tidak sesuai dengan persepsi mertua terhadap anaknya. Ini bisa menimbulkan sedikit konflik.
  9. Hindari perasaan gugup bertemu mertua. Seringkali rasa gugup membuat orang salah tingkah atau melakukan sesuatu tidak secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda