Scroll to Top

Alcatel One Touch Fire, Smartphone Firefox OS Pertama

By Ditya / Published on Monday, 25 Feb 2013
Alcatel One Touch Fire
Alcatel One Touch Fire

Alcatel, produsen ponsel milik TCL ini memamerkan smartphone Alcatel One Touch Fire dengan sistem operasi Firefox OS pertama besutan Mozilla. Sebelumnya, Mozilla pernah meluncurkan dua smartphone Firefox OS yang ditujukan untuk para pengembang aplikasi, yakni Peak dan Keon.

Smartphone Alcatel One Touch Fire ini adalah smartphone Firefox OS yang membidik pasar kelas entry-level dan menengah yang memiliki desain yang mirip dengan smartphone Keon. Spesifikasi Alcatel One Touch Fire ini juga tak istimewa, mengingat pasar yang dituju adalah pasar entry-level.

Alcatel One Touch Fire mengusung layar berukuran 3,5 inci yang ditenagai oleh prosesor single-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM yang cukup kecil, yakni 256MB saja. Meski memori RAM kecil, Mozilla mengklaim Firefox OS cukup ringan dijalankan meski perangkat hanya dibekali memori RAM yang kecil.

Alcatel One Touch Fire Back

Ruang penyimpanan internal smartphone Alcatel One Touch Fire ini juga tak terlalu besar, yakni 512MB saja. Namun, pengguna dapat melakukan ekspansi memori eksternal melalui slot microSD yang diusungnya hingga maksimal 32GB.

Smartphone Firefox OS pertama yang dibalut dengan casing berbahan plastik ini dibekali kamera belakang dengan resolusi 3,2 megapiksel tanpa kehadiran kamera depan. Alcatel One Touch Fire juga dilengkapi konektivitas seperti WiFi dan Bluetooth.

Sistem operasi Firefox OS yang diusung oleh Alcatel One Touch Fire ini cukup mudah digunakan dan mengusung antarmuka yang tak jauh beda dengan smartphone Android.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (24/02/2013), Firefox OS adalah proyek sistem operasi mobile untuk smartphone besutan Mozilla yang awalnya disebut dengan Boot2Gecko (B2G) yang menggabungkan kernel Linux sebagai inti sistem operasi, mesin randering Gecko, dan standar HTML5 untuk standar tampilan antarmuka.

Meski tak terlihat spektakuler, kehadiran Firefox OS ini akan tetap meramaikan pasar smartphone. Sistem operasi Firefox OS ini cukup ringan dan tangguh untuk smartphone kelas menengah dan entry-level.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda