Scroll to Top

Firefox OS Meluncur, Gandeng 18 Operator dan 4 Vendor Ponsel

By Ditya / Published on Monday, 25 Feb 2013
Firefox OS smartphone
Firefox OS Smartphone

Sistem operasi Firefox OS akhirnya secara resmi telah meluncur kemarin (24/02/2013). Untuk mendukung kesuksesan sistem operasi Firefox OS, Mozilla telah mengganding sekitar 18 operator dan empat produsen ponsel di seluruh dunia. Alcatel dengan One Touch Fire menjadi salah satu produsen yang digandeng oleh Mozilla.

Firefox OS sendiri adalah proyek sistem operasi mobile untuk smartphone besutan Mozilla yang awalnya disebut dengan Boot2Gecko (B2G) yang menggabungkan kernel Linux sebagai inti sistem operasi, mesin randering Gecko, dan standar HTML5 untuk standar tampilan antarmuka.

Mozilla secara resmi telah mengumumkan kehadiran sistem operasi mobile Firefox OS di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 yang dilaksanakan di Barcelona, Spanyol. Mozilla menunjukkan keseriusannya pada Firefox OS degan menggandeng sekitar 18 operator dan empat vendor ponsel.

18 operator yang digandeng oleh Mozilla antara lain  America Moovil, China Unicom, Deutsche Telekom, Etisalat, Hutchison Three Group, KDDI, KT, MegaFon, Qtel, SingTel, Smart, Sprint, Telecom Italia Group, Telefonica, Telenor, Telstra, TMN, dan VimpelCom.

Sedangkan empat produsen ponselyang berkomitmen untuk menghadirkan smartphone Firefox OS adalah Alcatel, ZTE, LG, dan Huawei berkat dorongan produsen pembesut chip Snapdragon, yakni Qualcomm. Alcatel bahkan telah memamerkan One Touch Fire sebagai smartphone Firefox OS pertamanya.

Tak hanya itu, Mozilla mengungkapkan bahwa Firefox OS tak membidik pasar Amerika Serikat, tapi pasar di negara lain, sebut saja Brazil, Kolombia, Hungaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela. Operator Telefonica menjadi partner pertama dan paling kuat untuk menggempur pasar Amerika Latin yang merupakan target utama Mozilla.

Seperti yang dilansir dari CNET (24/02/2013), Firefox OS besutan Mozilla ini kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk dapat bersaing dengan Android dan Apple iOS, karena Firefox OS ini tak memiliki sesuatu yang spektakuler. Namun, Mozilla cukup cerdik dengan membidik pasar Amerika Latin dan beberapa negara lain yang masih menyediakan ruang untuk Firefox OS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda