Scroll to Top

FB Bangun Data Center Baru untuk Foto Jadul

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Feb 2013

Facebook

Facebook dikabarkan siap membangun data center baru yang berlokasi di Prineville, Oregon, AS. Menariknya data center FB anyar ini akan difungsikan sebagai ‘gudang’ arsip foto jadul pengguna.

Facebook menyimpan lebih dari 240 miliar foto dari 1 miliar lebih pengguna. Namun sayangnya dari ratusan miliar foto tersebut hanya sebagian kecil yang rutin diakses. Menurut Facebook, trafik akses foto yang lalu lalang di server-nya hanya mencapai 8% saja.

Foto yang diunggah di Facebook ibarat kran air terbuka yang mengalir dan tak pernah ditutup. Saban harinya, Facebook dibanjiri 350 juta foto baru yang diunggah. Jejaring sosial ini harus mencari cara untuk mengelola data ini.

“Prinsipnya tidak akan memengaruhi pengalaman pengguna apakah itu dalam hitungan detik, milidetik, dan seterusnya,” ujar salah satu juru bicara Facebook.

Data center baru itu nanti akan digunakan secara khusus menyimpan foto lama di server berdaya rendah. Menurut Facebook, server ini sangat ideal bagi foto-foto yang jarang diakses.

Data center di Prineville masuk dalam fasilitas ‘cold storage’. Dengan kapasitas ini delapan kali dari server tradisional dan lima kali lebih hemat energi.

Lulea Data Center
Pusat data Facebook di Lulea, Swedia

Kabarnya Facebook juga sedang menyiapkan pusat data serupa di Swedia. Langkah ini dinilai cerdik sebab akan memotong biaya cukup signifikan untuk menjaga server tetap dingin sebab wilayah Lulea (Swedia) tepat di sebelah selatan Lingkaran Artik.

Seperti dilansir dari Telegraph Senin (25/02/13), Facebook akan terus meningkatkan infrastruktur mereka, baik di dalam dan di luar AS di tahun 2013 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda