Scroll to Top

Sony Luncurkan Smartphone Firefox OS 2014, Samsung Tak Tertarik

By Ditya / Published on Tuesday, 26 Feb 2013

Firefox OS smartphone

Sony telah mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan smartphone dengan sistem operasi Firefox OS pada tahun 2014 mendatang. Pembesut smartphone Xperia ini tampaknya cukup tertarik dengan sistem operasi besutan Mozilla. Pernyataan berbeda dilontarkan oleh Samsung, produsen asal Korea Selatan ini mengatakan pihaknya tak tertarik dengan Firefox OS.

Sony akan segera bergabung dengan empat vendor ponsel yang telah menjalin komitmen dengan Mozilla untuk Firefox OS, yakni LG, Huawei, Alcatel, dan ZTE. Deputy CEO di Sony mengungkapkan, bahwa insinyurnya saat ini sedang bekerja bersama Mozilla untuk mengahadirkan smartphone Firefox OS tahun 2014.

Firefox OS sendiri adalah proyek sistem operasi mobile untuk smartphone besutan Mozilla yang awalnya disebut dengan Boot2Gecko (B2G) yang menggabungkan kernel Linux sebagai inti sistem operasi, mesin rendering Gecko, dan standar HTML5 untuk standar tampilan antarmuka.

Bagi Sony, sistem operasi Firefox OS besutan Mozilla ini tampak memiliki masa depan yang menjanjikan dengan dukungan beberapa produsen besar. Mozilla juga mengungkapkan bahwa Firefox OS memiliki basis aplikasi yang hebat melalui platform HTML5. Facebook dan Twitter dikabarkan bersedia membuat aplikasi untuk Firefox OS.

Pernyataan yang berbeda dilontarkan oleh Samsung, pembesut smartphone Galaxy ini mengungkapkan bahwa pihaknya sama sekali tak tertarik untuk merilis smartphone dengan sistem operasi Firefox OS. Samsung memutuskan untuk fokus pada sistem operasi Tizen besutannya bersama Intel.

Pernyataan ini seperti pukulan yang mengecewakan bagi Mozilla selaku pengembang Firefox OS. Betapa tidak, Samsung saat ini adalah produsen ponsel dan smartphone nomor satu dan akan sangat berpengaruh jika Samsung turut mendukung Firefox OS.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (25/02/2013), Mozilla sebenarnya tak perlu khawatir tak mendapat dukungan dari Samsung, karena lima vendor ponsel besar telah mendukung Firefox OS. Mungkin, Samsung memandang Firefox OS sebagai pesaing kuat Tizen OS yang juga akan hadir tahun 2013 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda