Scroll to Top

Intel Atom Dual Core Clover Trail+ untuk Smartphone Diluncurkan

By Ditya / Published on Tuesday, 26 Feb 2013

Intel Atom Dual Core

Ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 juga dimanfaatkan Intel untuk memperkenalkan prosesor Atom dual-core Clover Trail+ sebagai generasi penerus Medfield di platform smartphone dan tablet. Kehadiran Intel Atom dual-core ini akan menjadi ancaman serius bagi prosesor berbasis ARM.

Selama ini jajaran SoC (System on Chip) Atom kalah bersaing dengan jajaran prosesor berbasis ARM. Intel Atom memang memiliki kelebihan di sisi performa, tapi proseror berbasis ARM lebih efisien dalam konsumsi daya, sehingga lebih cocok untuk perangkat smartphone dan tablet.

Prosesor Atom dual-core generasi Clover Trail+ ini hadir dalam emapt varian, yakni Intel Atom Z2580, Z2560, Z2520, dan Z2460. Varian tertinggi adalah Atom Z2580 dual-core yang berlari dengan kecepatan 2GHz, diikuti Z2560 dengan kecepatan 1,6GHz, dan Z2520 dengan kecepatan 1,2GHz. Ketiganya menggunakan grafis dari PowerVR SGX 544MP2.

Sedangkan varian paling rendah adalah Intel Atom Z2460 yang merupakan prosesor single-core dengan kecepatan 2GHz. Berbeda dengan ketiga saudaranya yang menggunakan grafis PowerVR SGX 544MP2, Intel Atom Z2460 ini dibekali grafis PowerVR SGX 545.

Atom Clovertrail

Keempat jajaran prosesor Atom baru besutan Intel ini dibekali dengan teknologi HyperThreading, yakni sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah core atau inti pemroses untuk menyediakan dua jalur eksekusi secara bersamaan.

Secara umum tak ada perubahan siginifikan selain dual-core dibanding generasi Atom Medfield. Namun, Intel mengklaim bahwa konsumsi daya Intel Atom dual-core generasi Clover Trail+ ini lebih hemat dan efisien dibanding generasi sebelumnya.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (25/12/2013), Intel Atom dual-core generasi Clover Trail+ ini akan menjadi pesaing tangguh prosesor ARM Cortex-A15 (Nvidia Tegra 4, Samsung Exynos 5) dan Qualcomm Krait (Snapdragon 600 & 800) di pasar mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda